Nurhayati, Nurhayati (2010) PENERAPAN STRATEGI FORMEANING RESPONSE DALAM PEMBELAJARAN PUISI SEBUAH UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM BERBAHASA DAN BERSASTRA. PROSIDING SEMINAR INTERNASIONAL PERTEMUAN ILMIAH BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. pp. 2010-217. ISSN 978-979-3075-80-8
Preview |
Text
PENERAPAN_STRATEGI_FORMEANING_RESPONSE_DALAM_PEMBELAJARAN_PUISI_SEBUAH_UPAYA_MENINGKATKAN_KEMAMPUAN_SISWA_DALAM_BERBAHASA_DAN_BERSASTRA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran sastra pada hakikatnya bukan hanya dapat meningkatkan apresiasi terhadap karya sastra melainkan pula dapat meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Hanya saja dalam kenyataannya pembelajaran sastra belum menyentuh tujuan tersebut secara proporsional apalagi dapat mengantarkan siswa ke pencapaian tujuan dalam sekali langkah pembelajaran. Kata pepatah yang menyatakan sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui akan tercapai apabila guru menggunakan strategi yang diberi nama formeaning response. Dengan strategi formeaning response, siswa diminta untuk menggauli puisi yang dibacanya lewat setidak-tidaknya dua arah utama yaitu dengan mendiskusikan bahasa yang digunakan penyair dalam larik-larik puisi dan bagaimana tanggapan personal siswa terhadap puisi yang dibacanya sesuai dengan horison harapannya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran puisi, stilistik, respon pembaca, dan formeaning response |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 06:42 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 06:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25481 |
Actions (login required)
View Item |