TINGKAT POPULASI DAN KEBUGARAN ORYCTES RHINOCEROS L. (COLEOPTERA:SCARABAEIDAE) DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.)

Pujiastuti, Yulia (2010) TINGKAT POPULASI DAN KEBUGARAN ORYCTES RHINOCEROS L. (COLEOPTERA:SCARABAEIDAE) DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.). In: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN BIDANG PERTANIAN. FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA. ISBN 978-979-25-8651-0

[img]
Preview
Text
Seminar_Nasional_FP_UNSRI_2010.pdf

Download (442kB) | Preview
Official URL: http://eprints.unsri.ac.id

Abstract

Kumbang Oryctes rhinoceros L. (Coleoptera:Scarabaeidae) merupakan hama penting pada pertanaman kelapa sawit (Elaeis guineensis Jacq.), baik di pembibitan maupun di kebun produksi. Mengingat serangga hama tersebut mampu menyerang tanaman baik stadia larva maupun imago, maka keberadaannya harus diwaspadai dan tindan pengendalian harus dilakukan. Langkah awal dari pengendalian adalah monitoring keberadaan Oryctes di lapangan. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui tingkat populasi dan kebugaran kumbang Oryctes di perkebunan sawit milik rakyat, pada bulan September sampai dengan November 2009. Pengamatan dilakukan pada petak contoh dengan luas 100 meter persegi dan pada tanah dengan kedalaman bervariasi mulai 10 cm sampai dengan 30 cm. Pengamatan secara khusus ditujukan pada jumlah dan instar larva yang ditemukan, sedangkan kebugaran dilihat dari adanya serangan patogen pada tubuh larva. Hasil penelitian menunjukkan pada kedalaman lebih dari 30 cm, ditemukan larva Oryctes yang terbanyak diikuti dengan kedalaman 20 cm, dan 10 cm. Larva Oryctes terbanyak yang ditemukan berada pada instar empat yaitu sebanyak 20,70 persen. Larva yang ditemukan sakit dan mati sebanyak 21,95 persen dengan gejala sakit, lemah ataupun mati.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Oryctes rhinoceros, entomopatogen, monitoring
Subjects: Q Science > QK Botany
S Agriculture > SB Plant culture > SB1-1110 Plant culture
Divisions: Faculty of Agriculture > 54295-Plant Protection (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 29 Jan 2020 02:55
Last Modified: 29 Jan 2020 02:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25494

Actions (login required)

View Item View Item