MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA DAN BERKARAKTER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPS YANG INOVATIF *)

Chotimah, Umi (2010) MEMBANGUN KARAKTER BANGSA YANG BERBUDAYA DAN BERKARAKTER MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPS YANG INOVATIF *). Prosiding Seminar Internasional "Pendidikan Karakter Bangsa & Integritas Publik".

[thumbnail of Prosiding_Seminar_Internasional_di_Makasar_oleh_HISPISI.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Seminar_Internasional_di_Makasar_oleh_HISPISI.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Untuk membangun karakter bangsa Indonesia yang berbudaya dan berkarakter guna tidak tergeser, diantaranya sebagai akibat dari pengaruh globalisasi, maka diperlukan upaya-upaya untuk mempertahankannya, diantaranya melalui proses pendidikan, terlebih lag] IImu Pengetahuan Sosial (IPS), hal ini mengingat melalui matapelajaran IPS peserta didik diarahkan untuk dapat menjadi warga negara Indonesia yang demokratis, dan bertanggung jawab, serta warga dunia yang cinta damai. Bercermin pada pada kenyataannya selama ini pelajaran IPS tidak diunggulkandan proses pembelajarannya banyak terdapat kelemahan, maka perlu diterapkan model pembelajaran IPS yang inovatif, diantaranya dengan menerapkan pembelajaran terintegrasi (Integrated Learning); pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning), pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning), belajar sambi! melakukan (learning by doing). Dengan demikian diharapkan pembelajaran IPS dapat berkontribusi terhadap pembangunan karakter bangsa Indonesia yang berbudaya dan berkarakter. Kata kunci : karakter, budaya, IPS, Contextual Teaching and Learning (crL), Cooperative Learning, Learning by Doing.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87205-Pancasila and Civics Education (S1)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 27 Jan 2020 03:03
Last Modified: 27 Jan 2020 03:03
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25508

Actions (login required)

View Item View Item