Subadiyono, Subadiyono (2010) Pembelajaran dan Silabus Membaca Komunikatif. Wawasan Kependidikan: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah Kependidikan (1). pp. 22-32. ISSN 1410-8054
Preview |
Text
Cover_5.pdf Download (130kB) | Preview |
Preview |
Text
Isi_2.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Artikel ini berusaha menjelaskan bahwa pembelajaran membaca dapat saja dilaksanakan secara komunikatif. Membaca yang dilakukan dengan menggauli informasi dari berbagai-bagai jenis teks, baik yang berstruktur sederhana mahupun yang rumit, mengenai berbagai-bagai pokok masalah yang ditelaah dalam program studi tersebut. Tujuannya untuk memperoleh kesan umum atau informasi khusus yang diperlukan ataupun untuk mengapresiasi teks. Untuk itu terdapat tiga dasar wilayah skema yang berperan dalam kegiatan membaca, iaitu skema linguistik, skema isi, dan skema formal. Model pembelajaran yang dapat ditempuh yaitu dengan cara: 1) menyediakan waktu baca aktual, 2) memberikan instruksi arahan, 3) belajar berpasangan dan berkolaborasi, dan 4) membicarakan yang dibaca
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membaca komunikatif, model pembelajaran, teks |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 06:43 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 06:43 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25513 |
Actions (login required)
View Item |