Subadiyono, Subadiyono (2010) Peningkatan Pemahaman Bacaan dengan Pendekatan Interaktif. Forum Kependidikan, 30 (1). pp. 45-58. ISSN 0215-9392
Preview |
Text
Isi (16).pdf Download (34MB) | Preview |
Preview |
Text
Cover (23).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester kedua pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tahun akademik 2003—2004. Data didapatkan melalui tes, observasi, kuesioner, wawancara, rekaman audio-visula, catatan lapangan, dan peneliti sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan interaktif dalam pengajaran membaca dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan membaca mahasiswa. Berdasarkan cloze test procedure, tingkat membaca mahasiswa pada tingkat independen dapat ditingkatkan, tingkat instruksional dapat dikurangi dan tingkat frustasi dapat dihilangkan. Berdasarkan hasil multites, kemampuan membaca literal, inferensi, reorganisasi, evaluasi, dan apresiasi dapat dikembangkan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan, interaktif, membaca |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 09:38 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 09:38 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25519 |
Actions (login required)
View Item |