Asesmen Portofolio: Suatu Alternatif Model Penilaian Pembelajaran

Jaenudin, Riswan (2011) Asesmen Portofolio: Suatu Alternatif Model Penilaian Pembelajaran. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Universitas PGRI Palembang, Palembang, pp. 36-51. ISBN 978-602-95793-1-4

[thumbnail of cover-15.pdf]
Preview
Text
cover-15.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of isi-15.pdf]
Preview
Text
isi-15.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka membentuk dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas di era globalisasi dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pendidikan dalam hal ini adalah peningkatan kualitas pembelajaran. Penilaian sebagai bagian integral dari pembelajaran, kualitasnya harus ditingkatkan. Penilaian tidak dilakukan sesaat, tetapi harus dilakukan secara berkala, berkesinambungan, dan menyeluruh yang meliputi semua komponen proses dan hasil belajar. Model penilaian alternatif yang dapat mengungkap seluruh aspek proses dan hasil belajar, baik aspek kognitif, afektif, maupun psikomotor adalah model penilaian yang berbasis portofolio (portfolio based assessment) atau asesmen portofolio. Asesmen portofolio merupakan proses pengumpulan berbagai data atau informasi yang dilakukan oleh guru, disusun secara sistematik, menunjukkan dan membuktikan upaya belajar, proses belajar, kemajuan atau prestasi belajar siswa berupa koleksi/kumpulan hasil karya, kinerja, dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran (di kelas dan di luar kelas) dalam jangka waktu tertentu. Dalam asesmen portofolio terdapat prinsip-prinsip dan karakteristik yang dimiliki dan implementasinya dapat dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan dan penilaian, pendokumentasian, dan penggunaan. Asesmen portofolio tidak hanya dilakukan dalam satu kali penilaian, melainkan secara berulang-ulang dan bahkan terus menerus hingga memperoleh data yang lengkap dan akurat tentang hasil belajar siswa. Untuk itu diperlukan perencanaan, ketelitian, kesabaran, kreativitas, dan keprofesionalan guru, serta peran aktif siswa dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa asesmen portofolio terbukti efektif dapat meningkatkan kualitas pembelajaran (proses dan hasil belajar). Hal tersebut teridentifikasi dari indikator-indikator asesmen portofiolio yang secara signifikan memberikan kontribusi terhadap kualitas pembelajaran. Oleh karena itu penilaian yang berbasis portofolio atau asesmen portofolio perlu dilakukan dalam rangka peningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Asesmen Portofolio, Penilaian Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Depositing User: backup admin
Date Deposited: 23 Jan 2020 07:58
Last Modified: 23 Jan 2020 07:58
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/25597

Actions (login required)

View Item View Item