izzah, izzah (2009) Sastra Tutur Sumatera Selatan,Media Inovatif Pembelajaran Multi Bahasa. In: Relasi Lokalitas Globalitas Menuju Modernitas Bahasa Dan Sastra Indonesia. Universitas PGRI Adi Buana,Balai Bahasa Surabaya,Himpunan Pembina Bahasa Indonesia, Surabaya. ISBN 9789798559136
Preview |
Text
Cover_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Isi_&_Isi_Makalah.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Tulisan ini membahas masalah 1) upaya apa yang dapat dilakukan untuk mestarikan sastra tutur Sumatera Selatan dan 2) menghadapi tantangan globalisasi, bagaimanakah sastra tutur Sumatera Selatan dapat menjadi salah satu media alternatif pembelajaran multibahasa. Untuk melestarikan sastra tutur Sumatera Selatan, mesti melibatkan berbagai unsur masyarakat, yaitu pemerintah, pecinta seni dan budaya, guru, dan seluruh masyarakat Sumatera Selatan. Salah satu upaya pelestarian yang dapat ditempuh adalah dengan reproduksi karya sastra, khususnya sastra tutur. Ada lima cara reproduksi yang dapat dilakukan, yaitu: 1) mengganti tokoh cerita dengan nama siswa, 2) merekam, 3) mementaskan, 4) membuat film, dan 5) membuat cerita bergambar. Hasil reproduksi yang apik dan menarik dapat dijadikan media alternative pembelajaran multibahasa. Di samping itu, penerbitan buku cerita dalam tiga bahasa (daerah, Indonesia, dan Inggris) akan sangat membantu upaya pembelajaran multibahasa.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sastra tutur,Sumatera Selatan,media inovatif |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P1-1091 Philology. Linguistics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | backup admin |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 05:30 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 05:30 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/26374 |
Actions (login required)
View Item |