AZHARY, HANA ALIYAH and Wiyono, Ketang and Kistiono, Kistiono (2020) PENGEMBANGAN E-LEARNING MATERI FLUIDA DINAMIS UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181621049.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (810kB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (33kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621049_0022057904_0027016401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dilakukan penelitian yang berjudul pengembangan e-learning materi fluida dinamis untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini bertujuan menghasilkan e-learning materi fluida dinamis yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Rowntree yang terdiri dari tiga tahap: tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Kevalidan e-learning ini dinilai oleh tiga ahli, yakni dalam aspek materi, aspek desain pembelajaran, dan aspek e-learning. Dari hasil expert review diperoleh penilaian rata-rata sebesar 93,73% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan pada tahap one-to-one evaluation diperoleh penilaian rata-rata sebesar 89,67% dengan kriteria sangat praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 92,91% dengan kriteria yang sangat praktis. Berdasarkan hasil data penelitian pengembangan tersebut, e-learning pada materi fluida dinamis untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa sekolah menengah atas yang telah dikembangkan memiliki kriteria yang sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, keterampilan abad 21, berpikir kreatif, schoology, fluida dinamis |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 5054 not found. |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 08:05 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 08:05 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/26413 |
Actions (login required)
View Item |