PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG

LESTARI, HILDA DWI and Ernalida, Ernalida and Oktarina, Santi (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_02.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_03.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_04.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_05.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_06_ref.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (383kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf] Text
RAMA_88201_06021381520034_0015026902_0001108001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Giving Question and Getting Answer terhadap keterampilan menulis cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIA 1 yang berjumlah 36 siswa dan satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas XI MIA 3 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik pengolahan data menggunakan uji-t dengan program komputer SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata tes awal yang diperoleh kelas eksperimen sebesar 69,89 meningkat sebesar 14,86 menjadi 84,75 pada tes akhir. Nilai rata-rata tes awal kelas kontrol sebesar 53,03 meningkat sebesar 13,8 menjadi 66,83 pada tes akhir. Hal itu dapat diketahui dari pengujian uji-t yang menunjukkan bahwa t (hitung) > t (tabel) atau 7,307 > 1,994 dengan df=70 pada tingkat signifikansi 95% (α=0,025). Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pendek pada kedua kelas mengalami peningkatan. Dilihat dari nilai rata-rata akhir dari kedua kelas ini, yang mendapat peningkatan tinggi adalah kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang pada kelas eksperimen terdapat pengaruh yang disignifikan. Oleh karena itu, strategi Giving Question and Getting Answer berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI SMA Negeri 10 Palembang. Kata Kunci : Pengaruh, Strategi Giving Question and Getting Answer, Menulis Cerita Pendek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Strategi Giving Question and Getting Answer, Menulis Cerita Pendek
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1)
Depositing User: Users 5127 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 05:17
Last Modified: 03 Feb 2020 05:17
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item View Item