PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PEMBUKUAN KEGIATAN DAN KEUANGAN USAHATANI KELOMPOK PRODUSEN BIBIT JERUK DI DESA ARISAN GADING KECAMATAN INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN: Laporan Pengabdian Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Sainteks Unsri 2018

Mulyana, Eka and Purbianti, Erni and Bidarti, Agustina (2018) PENDAMPINGAN PENYUSUNAN PEMBUKUAN KEGIATAN DAN KEUANGAN USAHATANI KELOMPOK PRODUSEN BIBIT JERUK DI DESA ARISAN GADING KECAMATAN INDRALAYA SELATAN KABUPATEN OGAN ILIR SUMATERA SELATAN: Laporan Pengabdian Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Sainteks Unsri 2018. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

[thumbnail of LAPORAN_PENGABDIAN_UNSRI_2018.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_PENGABDIAN_UNSRI_2018.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Para anggota kelompok tani di Desa Arisan Gading setiap tahun mendapatkan bantuan dana pemerintah, namun pembukuan dan laporan keuangan kurang memadai karena rendahnya tingkat pendidikan. Oleh karena itu kegiatan pengabdian ini merupakan bentuk transfer ilmu pengetahuan kepada mereka agar dapat membuat pembukaan dan menganalisis keuangan dengan baik, tepat dan benar. Metode kegiatan dengan penyuluhan dan pendampingan. Kegiatan dihadakan selama tiga hari pelaksanaan. Hari pertama dilakukan metode penyampaian materi berupa penyuluhan. Pada hari kedua dilakukan forum diskusi group untuk memecahkan masalah kesulitan-kesulitan pembukuan dan analisis kuangan kelompok tani. Pada hari ketiga dilakukan pendampingan praktek penyusunan pembukuan dan analisis keuangan. Pada hari pertama, sebelum diberlakukan kegiatan dilakukan pre-test dengan materi pembukuan dan analisis keuangan, sementara dengan soal yang sama pada hari terakhir dilakukan post-test. Berdasarkan pengamatan dan hasil perbandingan pre dan post-test, terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan dikalangan anggota kelompok tani Desa Arisan Gading. Selanjutnya, berdasarkan kegiatan ini terdapat peningkatan dalam pencatatan ke bentuk pembukuan semua kegiatan kelompok tani di Desa Arisan Gading. Selain itu, para anggota kelompok tani tersebut dapat menyusun dan menganalisis keuangan dengan baik dan tepat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S21-400.5 Documents and other collections
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Agustina Bidarti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:12
Last Modified: 21 Feb 2020 02:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27564

Actions (login required)

View Item View Item