PROGRAM RUMAH CUKUP (RUCUP) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERSEDIAAN PANGAN RUMAHTANGGA PETANI DI PULAU KEMARO KOTA PALEMBANG : Laporan Pengabdian Sainteks Unsri 2019

Putri, Nurilla Elysa and Yamin, Muhammad and Bidarti, Agustina (2019) PROGRAM RUMAH CUKUP (RUCUP) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETERSEDIAAN PANGAN RUMAHTANGGA PETANI DI PULAU KEMARO KOTA PALEMBANG : Laporan Pengabdian Sainteks Unsri 2019. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sriwijaya, Palembang.

[thumbnail of pengabdian_820_lapakh.pdf]
Preview
Text
pengabdian_820_lapakh.pdf - Draft Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perwujudan ketahanan pangan nasional dimulai dari pemenuhan pangan di wilayah terkecil yaitu desa dan kelurahan. Pulau Kemaro merupakan bagian dari Kota Palembang yang termasuk dalam wilayah administrasi Kelurahan 1 Ilir Kota Palembang, di Pulau Kemaro terdapat 2 RT yaitu RT 17 dan RT 18 yang merupakan bagian dari Kelurahan 1 Ilir Kota Palembang. Keterbatasan aksesibilitas menyebabkan kondisi pemenuhan kebutuhan terutama pangan dan air bersih juga sangat terbatas. Ketersediaan pangan seperti sayuran dan buah masih sangat terbatas untuk dapat dikonsumsi masyarakat di daerah ini apalagi pangan seperti susu, sereal dan pangan bergizi lainnya. Sehingga diperlukan adanya upaya peningkatan terhadap ketersedian dan aksesibilitas pangan rumahtangga petani secara swadaya di daerah ini mengingat lokasi daerah berupa pulau tersendiri. Upaya peningkatan ketahanan pangan rumahtangga petani Di Pulau Kemari dapat dilakukan dengan memberikan sebuah program Rumah Cukup (Rucup) dengan metode partisipartif dimana khalayak sasaran dapat mengikuti kegiatan yang diberikan dan mampu berpartisipasi seacra berkelanjutan. metode penyuluhan juga dilakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan dalam melakukan upaya peningkatan ketahan pangan rumah tangga petani melalui program Rumah Cukup (Rucup) dimana rumahtangga petani melakukan penanaman komoditi hortikultura yang berbeda disetiap rumahtangga. Kegiatan Rumah Cukup juga dapat dikembangkan pada tahapan selanjutnya dengan melakukan pembentukan kelompok atau kelembagaan lokal pengelola barter komoditi berupa Bank Pangan, yang dapat diikuti oleh semua petani di Pulau Kemaro, dan memungkinkan terjadinya transaksi pasar (Comuunity Trade) pada tahapan perkembanggannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S21-400.5 Documents and other collections
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54201-Agribusiness (S1)
Depositing User: Agustina Bidarti
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:12
Last Modified: 21 Feb 2020 02:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/27566

Actions (login required)

View Item View Item