ANALISIS TEGANGAN,REGANGAN, DAN PERPINDAHAN SASIS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT)

FAJRI, M. and Yani, Irsyadi (2019) ANALISIS TEGANGAN,REGANGAN, DAN PERPINDAHAN SASIS LIGHT RAIL TRANSIT (LRT). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_01_front_ref.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_02.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (264kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_03.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_04.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (602kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_05.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_06_ref DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_06_ref DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_21201_03051381520045_0025127104_07_lamp.pdf] Text
RAMA_21201_03051381520045_0025127104_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (420kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi peningkatan jumlah masyarakat di perkotaan, perlu diimbangi juga dengan sistem pengangkutan massal yang bisa menghemat waktu dan mengurangi tingkat kemacetan. Oleh karena itu perusahaan perkereta apian di indonesia membuat gebrakan baru di bidang mode pengangkutan massal, salah satu contoh dari itu ialah Light Rail Transit (LRT). LRT adalah transportasi darat yang dapat dijadikan pilihan bagi masyarakat perkotaan untuk berpergian dari satu tempat ketempat yang lainnya. Keunggulan menggunakan LRT selain biaya yang murah, juga dapat menghemat waktu perjalanan dikarenakan LRT memiliki jalur sendiri serta dapat mengurangi tingkat kemacetan yang terjadi di perkotaan. Dalam satu trainset LRT terdiri dari dua motorcar (penggerak) dan satu trailercar (kereta tak berpenggerak). Kontruksi terpenting dari LRT ini sama dengan kereta pada umumnya, yang terletak pada kontruksi sasis. Oleh sebab itu penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan sasis LRT jika terkena beban ditinjau dari aspek tegangan, regangan, dan perpindahan dengan bantuan software berbasis metode elemen hingga (MEH). Software yang digunakan dalam penelitian ini adalah Autodesk Inventor guna dapat mendesain serta mensimulasikan benda kerja yang telah di buat sesuai ukuran yang diketahui. Pada penelitian tugas akhir ini, desain yang dibuat sangat mendekati desain sebenarnya yaitu ukuran yang sesuai dengan hasil pengamatan langsung serta penggunaan jenis material yang sama dengan yang digunakan di sasis LRT (Alloy 6061). Hasil dari penelitian ini ditunjukan bahwa nilai tegangan yang terjadi paling besar yaitu 56,85 Mpa, nilai regangan yang terjadi paling besar yaitu 6,813 x 10-4, dan nilai perpindahan maksimum yaitu 29,62 mm yang terletak dibagian tengah kontruksi sasis. Berdasarkan nilai tegangan yang telah di ketahui, dapat di tarik kesimpulan bahwa kontruksi sasis LRT sangat aman karena masih dibawah nilai tegangan yang di ijinkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Light Rail Transit (LRT), Sasis, Metode Elemen Hingga (MEH), Autodesk Inventor, Tegangan, Regangan, Perpindahan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1-1570 Mechanical engineering and machinery
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 21201-Mechanical Engineering (S1)
Depositing User: Prodi S1-Teknik Mesin (21201)
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:15
Last Modified: 09 Aug 2019 06:15
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/2906

Actions (login required)

View Item View Item