PRATIWI, SEPTANIA and Wiyono, Ketang and Zulherman, Zulherman (2020) PENGEMBANGAN E-LEARNING MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, SRIWIJAYA UNIVERSITY.
Text
RAMA_84203_06111281621020.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (660kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (476kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (417kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (189kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_06_ref.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (429kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111281621020_0022057904_0012075604_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan e-learning fisika materi hukum Newton untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas yang memiliki tingkat validitas tinggi dan praktis. Hasil studi pendahuluan menunjukkan 52,3% siswa belum pernah belajar menggunakan e-learning di sekolah dan 94% siswa setuju dengan adanya pembelajaran e-learning pada pelajaran fisika khususnya materi hukum Newton. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-learning fisika materi hukum Newton untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa Sekolah Menengah Atas yang memiliki tingkat validitas tinggi dan praktis melalui prosedur model pengembangan produk Rowntree serta tahap evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap: self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough dan angket. Tingkat validitas e-learning ini dinilai masing-masing oleh tiga ahli, yakni dalam aspek materi, aspek desain pembelajaran, dan aspek e-learning serta analisis data menggunakan indeks Aiken V untuk mengetahui kesepakatan dari para ahli. Dari hasil expert review diperoleh nilai indeks Aiken V sebesar 0,94 dengan kategori tingkat validitas tinggi. Sedangkan pada tahap one-to-one evaluation diperoleh hasil rata-rata sebesar 81,84% dan termasuk kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 90,00% dan termasuk kategori sangat praktis. Peneliti mengharapkan adanya tidak lanjut untuk penelitian selanjutnya pada tahap field test untuk mengetahui efek potensial dari penelitian pengembangan ini. Kata kunci: e-learning, keterampilan berpikir kritis, hukum Newton.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | e-learning, keterampilan berpikir kritis, hukum Newton |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 5872 not found. |
Date Deposited: | 05 Jun 2020 02:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2020 02:13 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/29639 |
Actions (login required)
View Item |