ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP KINEMATIKA MENGGUNAKAN CRI BERBANTUAN CBT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 19 PALEMBANG

SURY, KRISTYLIA and Wiyono, Ketang and Sudirman, Sudirman (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP KINEMATIKA MENGGUNAKAN CRI BERBANTUAN CBT PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (26MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (30MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111381621027_0022057904_0008066802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (38MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori pemahaman konsep kinematika berbantuan CBT serta untuk mengetahui miskosepsi pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 19 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu berupa tes pilihan ganda menggunakan CRI serta alasan.Tes dilakukan terhadap 57 peserta didik dari kelas XI IPA 1 dan XI IPA 3.Pemodelan Rasch digunakan untuk tahap memproses dari data yang mentah menjadi bilangan logit yang akan memberikan informasi terkait infit dan outfit pada software ministep selain itu dilakukan analisis secara manual menggunakan CRI. Hasil analisis yang telah dilakukan mempertimbangkan peserta didik yang outliers atau misfits, data dari software ministep dan alas an jawaban yang telah diberikan maka diperoleh 41 peserta didik yang sesuai dengan pemodelan Rasch dan 16 peserta didik yang termasuk outliers atau misfits. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata pemahaman konsep sebesar 23,44 sedangkan untuk kategori paham konsep didapatkan sebesar 2,15%, kategori paham konsep tetapi tidak yakin sebesar 0,00%, kategori miskonsepsi sebesar 70,03% dan tidak paham konsep sebesar 27,83%. Hasil wawancara mendapatkan beberapa penyebab miskonsepsi yaitu buku referensi yang digunakan bahasa di dalam buku tersebut sulit dipahami dan model pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Kesimpulan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 19 Palembang bahwa peserta didik banyak mengalami miskonsepsi yaitu sebesar 72,82%. Kata Kunci: PemahamanKonsep, CRI, CBT, Kinematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: PemahamanKonsep, CRI, CBT, Kinematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics > QC1-999 Physics
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 5896 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2020 05:02
Last Modified: 05 Jun 2020 05:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/29727

Actions (login required)

View Item View Item