TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP IKLAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF PERBUATAN MELANGGAR HUKUM

SALSABILA, FILDZAH DIAN and Zaidan, Murzal and Novera, Arfianna (2020) TANGGUNGJAWAB PELAKU USAHA TERHADAP IKLAN YANG MERUGIKAN KONSUMEN DALAM PERSPEKTIF PERBUATAN MELANGGAR HUKUM. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (662kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (157kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_05_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (403kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621036_0012036004_0003115706_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (997kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh tanggungjawab dari pelaku usaha terhadap iklan yang dijelaskan di dalam Pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen bahwa pelaku usaha bertanggungjawab untuk memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Dari latar belakang tersebut maka dirumuskan beberapa permasalahan yang akan dibahas, yaitu bagaimana tanggungjawab pelaku usaha terhadap iklan yang merugikan konsumen dalam perspektif perbuatan melanggar hukum dan juga bagaimana mekanisme penyelesaian sengketa ganti ruginya. Hasil Penelitian ini adalah Pelaku usaha periklanan harus bertanggungjawab untuk memberikan ganti rugi atas kerugian yang diderita oleh konsumen dan juga pelaku usaha periklanan harus menarik peredaran iklan yang tidak sesuai tersebut dan menggantikan iklan tersebut sesuai dengan yang sebenarnya, untuk mekanisme penyelesaian sengketa ganti rugi perbuatan melanggar hukum terhadap perusahaan pemasang iklan pada konsumen dapat ditempuh dengan jalan damai oleh para pihak yang bersengketa, namun apabila jalan damai tidak memberikan hasil maka pihak yang bersengketa dapat memilih mekanisme penyelesaian sengketa melalui jalur Pengadilan atau Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK). Teknik pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan normatif yaitu Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan Pasal 1365 KUHPerdata tentang Perbuatan Melanggar Hukum, serta penelitian ini di dukung dengan data. Saran dari penelitian ini adalah Perlu adanya Undang-undang khusus yang mengatur mengenai periklanan, meskipun telah ada aturan mengenai larangan untuk pelaku usaha periklanan yang diatur dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen tetapi aturan tersebut dianggap masih kurang, serta perlu adanya penyempurnaan dari maksud iklan yang tidak benar atau yang dianggap menyesatkan agar dapat mengurangi dampak negatif berupa informasi yang diterima konsumen. Kata Kunci: Iklan, tanggungjawab, pelaku usaha

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Iklan, tanggungjawab, pelaku usaha
Subjects: K Law > K Law (General) > K1000-1395 Commercial law
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Users 6341 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:28
Last Modified: 10 Jul 2020 02:28
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/31132

Actions (login required)

View Item View Item