HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 RANTAU PANJANG

ULANDARI, ULANDARI and Ermayanti, Ermayanti and Santri, Didi Jaya (2019) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH (SCIENTIFIC REASONING) DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS X MIPA SMA NEGERI 1 RANTAU PANJANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091181520029.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520029.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091181520029_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84205_06091181520029_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (793kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_001906802_02.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_001906802_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_03.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_04.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (349kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_05.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (85kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_06_ref.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_06_ref.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84025_06091181520029_0003087601_0019056802_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penalaran ilmiah (scientific reasoning) dan hasil belajar peserta didik pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas X MIPA SMA Negeri 1 Rantau Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi dengan teknik sampling purposive. Pengambilan data dilakukan di kelas X MIPA dengan jumlah peserta didik 68 orang. Data penelitian diambil dengan instrumen tes berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal untuk mengukur kemampuan hasil belajar dan 12 soal pilihan ganda beralasan dari instrumen Lawson’s Classroom Test of Scientific Reasoning (LCTSR) untuk mengukur penalaran ilmiah (scientific reasoning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai tes akhir peserta didik pada kemampuan hasil belajar mengalami peningkatan dibandingkan dengan nilai tes awal, dengan rata-rata persentase tes awal 39,65 % berkategori sangat kurang sedangkan tes akhir mencapai 58,65 % berkategori cukup. Hasil tes scientific reasoning menunjukkan bahwa, tidak terjadi peningkatan level penalaran peserta didik setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas peserta didik berada pada level operasional konkret dengan rata-rata 83,82 %, 16,18 %, dan formal 0 %. Hasil uji korelasi antara kemampuan scientific reasoning dan hasil belajar peserta didik yaitu, 0,161 artinya memiliki korelasi sangat rendah. Kata kunci : kemampuan penalaran ilmiah, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran ilmiah, hasil belajar, klasifikasi makhluk hidup
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 1296 not found.
Date Deposited: 09 Aug 2019 06:49
Last Modified: 09 Aug 2019 06:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/3291

Actions (login required)

View Item View Item