Penerapan Knowledge Management System Menggunankan Algoritma Levenshtein

OCTARIA, ORISSA and Ermatita, Ermatita and Sukemi, Sukemi Penerapan Knowledge Management System Menggunankan Algoritma Levenshtein. Jurnal RESTI (Rekayasa Teknologi dan Sistem Informasi). ISSN 2580-0760

[thumbnail of Penerapan KMS full.pdf] Text
Penerapan KMS full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Manajemen pengetahuan atau knowledge management (KM) merupakan hal yang penting untuk menyimpan atau mengatur pengetahuan yang sejatinya sudah ada. Sulitnya mendapatkan pengetahuan yang sebenarnya sudah lama diketahui menjadi kendala tersendiri bagi penerus baru untuk melanjutkan suatu jabatan tertentu, dalam hal ini wadah yang diteliti adalah bebrapa perguruan tinggi swata kota Palembang. Dosen baru dapat mengetahui bagaimana sistem pengajaran dalam perguruan tinggi tersebut, dan banyak pengetahuan lain yang harus dipahami oleh dosen baru tersebut. Oleh karena itu maka akan di bangun Knowledge Management System (KMS) menggunakan Model Inukshuk untuk menjadi sarana untuk mengatur pengetahuan yang yang sudah ada, adapun algoritma untuk pencarian pengetahuan yang disimpan dalam KMS adalah Algoritma Levenshtein. Pemilihan algoritma levenshtein sendiri dikarenakan algoritma ini mengukur kesamaan antara dua string (kata ke kata, kata ke kalimat dan kalimat ke kalimat) dengan menghitung jarak edit, sehigga akan menghasilkan tingkat kesamaan yang tinggi. Hasilnya berupa KMS yang penting bagi perguruan tinggi swasta tersebut untuk meyimpan serta mengelola sebuah pengetahuan dan berbasis web guna memudahkan pengguna yang sekarang ini sudah banyak menggunakan jaringan internet.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Knowledge Management System, Model Inukshuk, Algotitma Levenshtein
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q334-342 Computer science. Artificial intelligence. Algorithms. Robotics. Automation.
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55101-Informatics (S2)
Depositing User: Dr. Sukemi Sukemi
Date Deposited: 11 Sep 2020 12:43
Last Modified: 07 Sep 2021 02:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/34678

Actions (login required)

View Item View Item