Penggunaan Strategi Suggestopedia dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen

Nurhayati, Nurhayati and Jaenah, Een and Yuliati, Esana Laili (2007) Penggunaan Strategi Suggestopedia dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Cerpen. Lingua Jurnal Bahasa dan Sastra, 8 (2). pp. 148-166. ISSN 1411-2388

[thumbnail of LINGUA_Penggunaan Startegi Suggestopedia.pdf]
Preview
Text
LINGUA_Penggunaan Startegi Suggestopedia.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah apakah dengan penerapan strategi suggestopedia kemampuan menulis cerpen siswa SMP N I Palembang dapat meningkat? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa SMP N 1 Palembang melalui strategi suggestopedia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur kerja secara multisiklus yang dalam setiap siklusnya terdiri atas 4 aspek, yaitu: penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa terlihat antusias. Hal itu ditandai dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dalam setiap siklusnya. Selain itu, siswa merasa senang dengan pembelajaran yang berbeda dengan proses pembelajaran yang ditemui siswa selama ini. Dengan bantuan suasana kelas yang kondusif, adanya relaksasi dan musik membuat mereka tenang dan dapat membangkitkan konsentrasi serta imajinasi serta kreativitas mereka. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat pen ingkatan kemampuan menulis cerpen siswa kelas 7.5 SMP N 1 Palembang. Nilai rata-rata tes awal ialah 48,29 sedangkan nilai rata-rata tes akhir siklus I ialah 68,51. Sementara itu, nilai rata-rata tes akhir siklus II ialah 72,79 dan nilai rata-rata tes akhir siklus III ialah 75,43. Oleh sebab itu, dapat dinyatakan bahwa kemampuan siswa menulis cerpen meningkat dengan menerapkan strategi suggestopedia. Pada sisi lain, keberhasilan tindakan baru tercapai pada siklus III yaitu 86 % dari 85 % yang ditetapkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Depositing User: Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:20
Last Modified: 19 Oct 2020 07:20
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/36889

Actions (login required)

View Item View Item