Hambatan dan tantangan pemnafaatan aliran air pada saluran irigasi sekunder untuk memompakan air ke lahan persawahan sebagai dukungan bagi pengelolaan lahan sub optimal di Desa Bangun Sari Telang II Kabupaten Banyuasin.

Darmawi, Darmawi and Sipahutar, Riman and Bernas, Siti Masreah and Imanuddin, Momon Sodik (2012) Hambatan dan tantangan pemnafaatan aliran air pada saluran irigasi sekunder untuk memompakan air ke lahan persawahan sebagai dukungan bagi pengelolaan lahan sub optimal di Desa Bangun Sari Telang II Kabupaten Banyuasin. In: SEMINAR NASIONAL DAN RAPAT TENGAH TAHUN Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (PERHEPI), 5-6 Juni 2012, Palembang.

[thumbnail of No. 38. Tantangan dan hambatan aliran air semnas 2012.pdf]
Preview
Text
No. 38. Tantangan dan hambatan aliran air semnas 2012.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Telang II adalah wilayah lahan basah yang berlokasi di sekitar 40 km dari Kota Palembang, di Kecamatan Tanjung Lago kabupaten Banyuasin dengan irigasi pasang surut. Desa Bangun Sari merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Tanjung Lago di Kabupaten Banyuasin, dimana terdapat setidaknya delapan saluran sekunder dan empat diantaranya sudah memiliki pintu air. Pasang surut yang melalui pintu air dapat dimanfaatkan untuk dipompakan ke ladan sawah yang berada disekitar 1 -3 m di atas level air pada saluran sekunder. Untuk ini digunakan kincir air apung (floating water wheel) sebagai alat yang digerak mula bentuk kopel dengan sistim pompa spiral (spiral pump) untuk mengangkat air dari dalam saluran sekunder ke lahan sawah yang berada di atasnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General) > S590-599.9 Soils. Soil science. Including soil surveys, soil chemistry, soil structure, soil-plant relationships
Divisions: 05-Faculty of Agriculture > 54294-Soil Science (S1)
Depositing User: DR SM BERNAS
Date Deposited: 04 Nov 2020 04:05
Last Modified: 04 Nov 2020 04:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37277

Actions (login required)

View Item View Item