ERDIANA, FITRI and Pasaribu, Abidin and Syuhendri, Syuhendri (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TENTANG HUBUNGAN ARAH GAYA, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN DALAM SATU DIMENSI PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181621002_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (312kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (453kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (398kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181621002.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (575kB) | Preview |
Abstract
Seorang guru fisika dituntut memiliki kompetensi professional. Mahasiswa pendidikan fisika adalah seorang calon guru, maka mahasiswa calon guru dituntut memiliki penguasaan dalam hal materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampun. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep mahasiswa tentang hubungan antara arah gaya, kecepatan dan percepatan dalam satu dimensi pada materi mekanika. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya 42 mahasiswa semester 6 (angkatan 2017) kelas Indralaya FKIP Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Force, Velocity, and Acceleration Test (FVA) yang sudah valid realiabel yaitu tes hubungan antara arah gaya, kecepatan dan percepatan dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice). Pada penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase tingkat analisis pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan 3 kategori pemahaman konsep. Dari penelitian didapat bahwa persentase pemahaman konsep mahasiswa calon guru Fisika FKIP Universitas Sriwijaya Angkatan 2017 kelas Indralaya tentang Hubungan Arah Gaya, kecepata, dan Percepatan dalam Satu Dimensi ditemukan bahwa kategori gagal 64%, lemah 36%, dan tinggi 0%. Jika sebuah benda dipengaruhi oleh dua buah gaya yang sama besar dan berlawanan arah maka benda tidak dapat bergerak. Arah percepatan akan selalu searah dengan gerak benda, jika kecepatannya dipercepatan. Ketika benda mengalami percepatan maka tidak bisa kecepatannya berkurang. Kecepatan bisa saja bertambah, berkurang dan konstan, jika kecepatan bertambah makan kecepatanya dipercepat jika berkurang kecepaannya diperlambat, jika konstan maka kecepatanya nol. Saran dari peneliti bagi pendidik diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini dengan memperdalam konsep yang masih banyak terjadi kesalahan-kesalahan sehingga pemahaman konsep peserta didik lebih meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman konsep, gaya, kecepatan, percepatan, satu dimensi |
Subjects: | L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Users 8763 not found. |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 04:21 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 04:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37357 |
Actions (login required)
View Item |