ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TENTANG HUBUNGAN ARAH GAYA, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN DALAM SATU DIMENSI PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA

ERDIANA, FITRI and Pasaribu, Abidin and Syuhendri, Syuhendri (2020) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP TENTANG HUBUNGAN ARAH GAYA, KECEPATAN, DAN PERCEPATAN DALAM SATU DIMENSI PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_02.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_03.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_04.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (453kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_05.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_06_ref.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (398kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_07_lamp.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002.pdf] Text
RAMA_84203_06111181621002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (13MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84203_06111181621002_0002026002_0017116801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (575kB) | Preview

Abstract

Seorang guru fisika dituntut memiliki kompetensi professional. Mahasiswa pendidikan fisika adalah seorang calon guru, maka mahasiswa calon guru dituntut memiliki penguasaan dalam hal materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampun. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep mahasiswa tentang hubungan antara arah gaya, kecepatan dan percepatan dalam satu dimensi pada materi mekanika. Dalam penelitian ini subjek penelitiannya 42 mahasiswa semester 6 (angkatan 2017) kelas Indralaya FKIP Universitas Sriwijaya. Data dikumpulkan menggunakan instrumen Force, Velocity, and Acceleration Test (FVA) yang sudah valid realiabel yaitu tes hubungan antara arah gaya, kecepatan dan percepatan dalam bentuk pilihan ganda (multiple choice). Pada penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase tingkat analisis pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan 3 kategori pemahaman konsep. Dari penelitian didapat bahwa persentase pemahaman konsep mahasiswa calon guru Fisika FKIP Universitas Sriwijaya Angkatan 2017 kelas Indralaya tentang Hubungan Arah Gaya, kecepata, dan Percepatan dalam Satu Dimensi ditemukan bahwa kategori gagal 64%, lemah 36%, dan tinggi 0%. Jika sebuah benda dipengaruhi oleh dua buah gaya yang sama besar dan berlawanan arah maka benda tidak dapat bergerak. Arah percepatan akan selalu searah dengan gerak benda, jika kecepatannya dipercepatan. Ketika benda mengalami percepatan maka tidak bisa kecepatannya berkurang. Kecepatan bisa saja bertambah, berkurang dan konstan, jika kecepatan bertambah makan kecepatanya dipercepat jika berkurang kecepaannya diperlambat, jika konstan maka kecepatanya nol. Saran dari peneliti bagi pendidik diharapkan dapat menggunakan hasil penelitian ini dengan memperdalam konsep yang masih banyak terjadi kesalahan-kesalahan sehingga pemahaman konsep peserta didik lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, gaya, kecepatan, percepatan, satu dimensi
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1)
Depositing User: Users 8763 not found.
Date Deposited: 09 Nov 2020 04:21
Last Modified: 09 Nov 2020 04:21
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37357

Actions (login required)

View Item View Item