PENANGANAN JALAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE UMUR SISA (AASHTO 1993) DAN MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 (STUDI KASUS : RUAS JALAN NASIONAL 034 MANGUNJAYA - BATAS KABUPATEN MUSI RAWAS)

Ardiansyah, Muhammad and Adhitya, Bimo Brata and Pataras, Mirka (2020) PENANGANAN JALAN NASIONAL MENGGUNAKAN METODE UMUR SISA (AASHTO 1993) DAN MANUAL DESAIN PERKERASAN 2017 (STUDI KASUS : RUAS JALAN NASIONAL 034 MANGUNJAYA - BATAS KABUPATEN MUSI RAWAS). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011381520071.pdf] Text
RAMA_22201_03011381520071.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381520071_0010038104_000112817_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011381520071_0010038104_000112817_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_02.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_03.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (939kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_04.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_05.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_06_ref.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_07_lamp.pdf] Text
RAMA-22201_03011381520071_0010038104_0001128107_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011381520071_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011381520071_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Jaringan jalan raya merupakan prasarana transportasi darat memegang peranan yang sangat penting dalam sektor perhubungan, terutama untuk kesinambungan distribusi barang dan jasa maupun orang.. Oleh karena itu dilakukan penanganan kerusakan jalan dengan menentukan jenis kerusakan yang terjadi kemudian menentukan jenis penanganan yang dapat dilakukan pada jalan tersebut. Ruas Jalan Mangunjaya – Batas Kabupaten Musi Rawas Sumatera Selatan merupakan ruas jalan nasional. Jalan rusak dan jalan yang berlubang dapat diakibatkan karena angkutan kendaraan yang kelebihan muatan Over Dimensi dan Over Load (ODOL). Penanganan yang dilakukan selama ini tidak dapat bertahan lama sesuai dengan umur rencana dan dirasa belum cukup tepat. Oleh karena itu, perlu diadakan kajian yang lebih dalam terhadap ruas Jalan Nasional 035 Mangunjaya – Batas Kabupaten Musi Rawas, Sumatera Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui umur sisa perkerasan jalan dengan menggunakan metode alat Falling Weight Deflectometer (FWD), dalam penelitian ini penulis memilih studi kasus ruas Jalan Nasional 034 Mangunjaya – Batas Kabuparen Musi Rawas, Sumatera Selatan, setelah mendapatkan umur sisa perkerasan selanjutnya menentukan jenis preservasi apa yang tepat untuk dapat digunakan sebagai acuan dalam pemeliharaan ruas jalan tersebut. Perhitungan umur sisa perkerasan jalan dan penentuan jenis penanganan jalan dihitung dengan cara menganalisa data FWD menggunakan metode AASHTO 1993 dan buku Manual Desain Perkerasan Jalan 2017. Berdasarkan perhitungan dan hasil segmentasi pada ruas jalan Nasional 034 terdapat 47 segmen penanganan yang terdiri dari 13 segmen pemeliharaan rutin, 3 segmen rehabilitasi minor, 3 segmen rehabilitasi mayor tipe II, 14 segmen rehabilitasi mayor tipe I, 9 segmen mill and inlay dan 5 segmen rekonstruksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Umur Sisa Perkerasan, Falling Weight Deflectometer (FWD), metode AASHTO 1993, MDP 2017
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE250-278.8 Pavements and paved roads
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 9005 not found.
Date Deposited: 24 Nov 2020 07:12
Last Modified: 24 Nov 2020 07:12
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37896

Actions (login required)

View Item View Item