RESPITA, YULIA and Hasmalena, Hasmalena and Rukiyah, Rukiyah (2020) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN PAPAN PASAK UNTUK MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_86202_0614181621060_0026055904_00251261104_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (609kB) | Preview |
Text
RAMA_86202_06141181621060.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (286kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (53kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (68kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_0026055904_00251261104_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_86202_06141181621060_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan papan pasak untuk mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di Taman Kanak-kanak yang teruji secara valid dan praktis. Keunggulan alat permainan Papan Pasak yaitu dengan pasak-pasaknya yang berbentuk angka sehingga anak bisa mengekplorasi bagaimana bentuk-bentuk angka 1 – 10 dengan meraba pasak-pasak angka.Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree ( planning, depelopment, dan evaluation). Pada tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer dengan empat tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough, dan observasi. Hasil dari validasi materi mendapat nilai sebesar 94% dengan kategori sangat valid dan validasi media mendapatkan nilai sebesar 83% dengan kategori sangat valid , berdasarkan analisis penilaian validator materi dan media mendapatkan rata-rata nilai sebesar 89 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan pada tahap one-to-one evaluation mendapatkan nilai 84% kategori sangat praktis dan tahap small group evaluation dengan nilai 91% dengan kategori sangat praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan papan pasak dinyatakan valid dan praktis serta layak untuk digunakan sebagai alat permainan untuk mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di Taman Kanak-Kanak. Kata kunci : Alat permainan, papan pasak, Lambang bilangan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat permainan, papan pasak, Lambang bilangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1) |
Depositing User: | Users 9043 not found. |
Date Deposited: | 26 Nov 2020 04:59 |
Last Modified: | 26 Nov 2020 04:59 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/37984 |
Actions (login required)
View Item |