PENGARUH PEMBANGUNAN JEMBATAN MUSI V TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JALAN LETTU KARIM KADIR

SIMAMORA, JESSICA and Agustien, Melawaty and Kadarsa, Edi (2020) PENGARUH PEMBANGUNAN JEMBATAN MUSI V TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JALAN LETTU KARIM KADIR. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_02.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (716kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_03.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (725kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_04.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (754kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_05.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_06_ref.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_07_lamp.pdf] Text
RAMA_22201_03011181621027_0015087403_0203117301_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembangunan Jembatan Musi V merupakan bagian dalam rangkaian pembangunan Jalan Tol Kapal Betung, dengan ramp keluar masuk tol berada di Jl.Sosial yang terhubung dengan Jl.Lettu Karim Kadir. Diperkirakan dengan beroperasi jalan tol dan Jembatan Musi V akan menyebabkan terjadi peningkatan volume lalu lintas sehingga mempengaruhi kinerja simpang di sekitar jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kinerja simpang pada kondisi eksisiting dan setelah Jembatan Musi V beroperasi serta mendapatkan alternatif peningkatan kinerja persimpangan yang ada di Jl.Lettu Karim Kadir yaitu persimpangan Jl.Lettu Karim Kadir-Jl.M.Amin Fauzi dan persimpangan Jl.Lettu Karim Kadir-Jl.Sosial. Pengolahan data volume lalu lintas menggunakan metode PKJI 2014 dan simulasi dengan program vissim. Hasil pengolahan data menunjukkan kinerja simpang pada kondisi eksisting masih mampu menampung arus lalu lintas ditunjukkan dengan nilai derajat kejenuhan yang memenuhi syarat PKJI 2014 yaitu (DJ ≤ 0,85) dan hasil simulasi vissim menunjukkan tundaan serta panjang antrian terbesar terdapat di Jl.Lettu Karim Kadir (Arah Musi II) sebesar 14.04 detik dan 58.96 meter. Setelah Jembatan Musi V beroperasi, terjadi peningkatan volume lalu lintas sebesar 79% di Jl.M.Amin Fauzi dan 82% di Jl.Sosial yang menyebabkan turunnya kinerja simpang. Oleh karena itu untuk meningkatan kinerja simpang dilakukan pelebaran pendekat simpang. Hasil analisis dengan PKJI 2014 menunjukkan penurunan derajat kejenuhan dari 0.43 menjadi 0.35, tundaan dari 9.02 detik/skr menjadi 8.22 detik/skr dan peluang antrian dari 8.50 – 20.39% menjadi 6.04 – 15.91% di Jl.Lettu Karim Kadir (Arah Musi II). Hasil simulasi vissim menunjukkan penurunan waktu tundaan dan panjang antrian terbesar terdapat di Jl.Lettu Karim Kadir (Arah Musi II) yaitu 24.08 detik menjadi 12 detik atau terjadi penurunan sebesar 50%. Panjang antrian dari 133.18 meter menjadi 34.28 meter atau terjadi penurunan sebesar 74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Derajat Kejenuhan, PKJI 2014, Simulasi Vissim,Waktu Tundaan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001-1280 Transportation engineering
Divisions: 03-Faculty of Engineering > 22201-Civil Engineering (S1)
Depositing User: Users 9174 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2020 06:40
Last Modified: 04 Dec 2020 06:40
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/38371

Actions (login required)

View Item View Item