Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Tanaman Obat Suku Musi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (SIMILARITY)

Fitrya, Fitrya (2017) Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Tanaman Obat Suku Musi di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (SIMILARITY). LitBang DepKes RI.

[thumbnail of Turnitin_Muharni_JKI_2017.pdf]
Preview
Text
Turnitin_Muharni_JKI_2017.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya masyarakat suku Musi menggunakan tanaman obat hanya berdasarkan kebiasaan yang telah dilakukan secara turun temurun. Penggunaan tanaman obat yang tidak sesuai dengan ketentuan dapat menyebabkan bahan obat tidak bekerja efektif. Telah dipilih sepuluh tanaman obat untuk diuji aktivitas antibakteri, dengan menggunakan metode difusi cakram untuk dua bakteri uji Escherichia coli (E.coli dan Staphylococcus aureus (S.aureus) pada konsentrasi uji 125, 250, 500, dan 1000 μg/mL. Ekstrak aktif yang masih memberikan aktivitas antibakteri ditentukan nilai konsentrasi hambat minimum (KHM) dengan metode sumur. Hasil menunjukkan hanya tiga ekstrak uji yaitu Coleus scutellarioides, Blumea balsamifera dan Lantana camara yang memberikan diameter zona hambat 11-20 mm terhadap E.coli. Sementara itu empat ekstrak uji Coleus scutellarioides, Blumea balsamifera, Dillenia alata dan Dimocarpus melayensis memberikan nilai diameter zona hambat 11-20 mm terhadap S. aureus. Penentuan nilai KHM untuk ekstrak Coleus scutellarioides dan Blumea balsamifera memberikan nilai KHM yang sama 125 μg/mL untuk kedua bakteri uji, sedangkan Lantana camara memberikan nilai KHM 250 μg/mL untuk E.coli. Dillenia alata dan Dimocarpus melayensis juga memberikan nilai KHM 125 μg/mL untuk S.aureus. Hasil penelitian ditemukan lima ekstrak yang aktif dari sepuluh ekstrak yang diuji. Dua ekstrak aktif terhadap kedua bakteri uji yaitu Coleus scutellarioides dan Blumea balsamifera. Satu ekstrak yaitu Lantana camara hanya aktif terhadap E.coli dan dua ekstrak lainnya Dillenia alata and Dimocarpus melayensis hanya aktif terhadap S.auerus.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Antibakteri; Tanaman obat; Suku Musi
Subjects: #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker
Divisions: 08-Faculty of Mathematics and Natural Science > 48201-Pharmacy (S1)
Depositing User: M.Si, Apt. Fitrya Fitrya
Date Deposited: 28 Dec 2020 03:49
Last Modified: 28 Dec 2020 03:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/39013

Actions (login required)

View Item View Item