LESTARI, ANNISA OKTAVIA and Hiltrimartin, Cecil and Araiku, Jeri (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR ANALISIS SISWA MELALUI BLENDED LEARNING. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84202_06081281722024.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (162kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_06_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (96kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84202_06081281722024_0011036403_0014019103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran menggunakan blended learning berbantuan video tutorial dan responnya. Sampel pada penelitian ini adalah 26 siswa kelas XI IPA 5 SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kombinasi dengan sequential explanatory design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, angket respon dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Friedman karena data tidak memenuhi asumsi kenormalan. Hasil uji Friedman menunjukkan bahwa untuk sehingga ditolak yang berarti tedapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan berpikir analisis siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan blended learning berbantuan video tutorial. Dengan uji lanjutan Bonferroni, terlihat bahwa yang berbeda signifikan adalah hasil pretest dan post test 1 serta pretest dan post test 2, sedangkan post test 1 dan post test 2 tidak berbeda secara signifikan. Selain itu, berdasarkan hasil angket, respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan blended learning berbantuan video tutorial sudah cukup baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, blended learning berbantuan video tutorial dapat meningkatkan kemampuan berpikir analisis siswa sehingga penggunaannya sangat direkomendasikan. Dalam penggunaan blended learning, guru sebaiknya menyiapkan aktivitas pembelajaran asinkronous dan sinkronous dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan berpikir analisis, Blended learning, Asinkronous, Sinkronous |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84202-Mathematics Education (S1) |
Depositing User: | Users 6249 not found. |
Date Deposited: | 19 Jan 2021 03:16 |
Last Modified: | 19 Jan 2021 03:16 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/40390 |
Actions (login required)
View Item |