PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

SONIA, LULUK and Tibrani, Mgs. Muhammad and Santoso, Lucia Maria (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_84205_06091381621056.pdf] Text
RAMA_84205_06091381621056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_02.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_03.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_05.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (32kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_04.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (405kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_07_Lamp.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_0012027901_0005016104_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381621056_0012027901_0005016104_06_ref.pdf] Text
RAMA_84205_06091381621056_0012027901_0005016104_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_84205_06091381621056_0012027901_0005016104_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_84205_06091381621056_0012027901_0005016104_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (809kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_84025_06091381621056_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_84025_06091381621056_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Reading, Questioning and Answering dalam pembelajaran virtual terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Prabumulih pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas PBLRQA, XI IPA 2 sebagai kelas PBL, XI IPA 3 sebagai kelas RQA, dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk hasil belajar kognitif berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen sikap ilmiah angket berskala likert sebanyak 20 item. Kedua instrumen dilakukan uji validasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah diuji dengan ANCOVA melalui sofware SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBLRQA dalam pembelajaran virtual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (sig. 0,000) dan sikap ilmiah (sig. 0,000). Rata-rata hasil belajar kognitif kelas PBLRQA (81,09) PBL (74,51) RQA (71,21) dan kontrol (66,89). Hasil sikap ilmiah kelas PBLRQA kategori sangat baik (59,38) PBL kategori sangat baik (51,61) RQA kategori baik (69,70) Kontrol kategori baik (72,41). Kata Kunci : PBLRQA, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Model PBL RQA, Sikap Ilmiah, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General)
Q Science > QM Human anatomy
Q Science > QR Microbiology
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Users 10160 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:31
Last Modified: 21 Jan 2021 06:31
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/40740

Actions (login required)

View Item View Item