PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

YUSMARITA, NADHILAH and Fatimah, Siti and Deskoni, Deskoni (2021) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_02.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_03.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (746kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_04.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_05.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_06_ref.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_06_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_07_lamp.pdf] Text
RAMA_87203_06031181621002_0020066902_0001017402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IIS SMA Negeri 4 Bandar Lampung dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data tes diperoleh dari pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan strategi pembelajaran Guided Teaching, dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menerapkan strategi pembelajaran. Validitas instrumen dilakukan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t menggunakan uji t-test sampel related diperoleh thitung > ttabel yaitu 150,79 > 2,002 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran Guided Teaching harus membimbing peserta didik untuk menyampaikan hasil dalam membandingkan jawabannya dengan pokok materi pelajaran yang sudah disampaikan pendidik. Kata-kata kunci: Guided Teaching, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guided Teaching, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 87203-Economics Education (S1)
Depositing User: Users 10622 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2021 04:11
Last Modified: 15 Feb 2021 04:11
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42414

Actions (login required)

View Item View Item