HERAWATI, PUTRI ARIANA and Handayani, Sri and Sulistyaningrum, Helena Primadianti (2021) KARAKTERISTIK PERJANJIAN ANTARA PEMILIK BISNIS DENGAN SELEBGRAM DALAM MEMPROMOSIKAN SUATU PRODUK SECARA ONLINE. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_74201_02011281722136.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (864kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text
RAMA_74201_02011281722136_0007027001_0014098601_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Preview |
Text
RAMA_74201_02011281722136_0007027001_0014098601_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281722136_0007027001_0014098601_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (318kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281722136_0007027001_0014098601_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (102kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281722136_0007027001_0014098601_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (450kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA-74201_02011281722136_0007027001_0014098601_06_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011281722136_TURNITIN.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi dalam pemasaran suatu produk melalui Instagram sangat diminati oleh kalangan pemilik bisnis. Dengan seiringnya waktu timbul permasalahan yang sedang ramai mengenai sengketa endorsement. Penelitian ini berisifat yuridis normatif. Tujuan penelitian untuk mengkaji karakteristik perjanjian dan bentuk perlindungan hukum terhadap pemilik bisnis atas pelanggaran yang dilakukan oleh selebgram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian endorsement berkarakteristik hubungan hukum perjanjian kerja yang diatur pada Pasal 1601a KUHPerdata. Perjanjian endorsement lahir karena adanya penerimaan dan penawaran. Kedudukan selebgram dan pemilik bisnis sangat berbeda, selebgram memiliki peran utama dalam menentukan isi dan bentuk perjanjian serta seringkali lalai atau menyelahgunakan kedudukan. Oleh karena itu dibutuhkan perlindungan hukum terhadap pemilik bisnis sebagai pengguna jasa endorsement atas perbuatan wanprestasi pada Pasal 1243 KUHPerdata yang dilakukan oleh selebgram. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah bahwa pemilik bisnis online dalam perjanjian endorsement ini memiliki posisi lemah dan kedudukan yang tidak seimbang sehingga sulit untuk meminta ganti rugi atas wanprestasi yang dilakukan oleh selebgram. Bentuk penyelesaian dapat dilakukan secara litigasi melalui pengadilan dan non litigati melalui lembaga alternatif penyelesaian sengketa. Diharapkan asas itikad baik dari perjanjian endorsement ini diterapkan untuk meminimalisir kerugian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perjanjian, Endorsement, Instagram, Wanprestasi, Perlindungan |
Subjects: | K Law > K Law (General) > K1024-1132 Commercial contracts |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Users 10819 not found. |
Date Deposited: | 10 Feb 2021 05:57 |
Last Modified: | 10 Feb 2021 05:57 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/42571 |
Actions (login required)
View Item |