PRANDESTA, M. RUSANDRI and Novera, Arfianna and Handayani, Sri (2018) IMPLEMENTASI PERLINDUNGAN KONSUMEN PENGGUNA JASA LEMBAGA PEMBIAYAAN DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 21 TAHUN 2011 TENTANG OTORITAS JASA KEUANGAN ( STUDI KASUS DI OTORITAS JASA KEUANGAN KANTOR REGIONAL 7 SUMATERA SELATAN ). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_74201_02011381419297_ 0003115706_0007027001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (397kB) | Preview |
Text
RAMA_74201_02011381419297_ 0003115706_0007027001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419297_ 0003115706_0007027001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (249kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419297_ 0003115706_0007027001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419297_ 0003115706_0007027001_05.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (81kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini dilatarbelakangi karena didalam masyarakat sering timbul sengketa yang mereka alami dengan Lembaga Pembiayaan dalam bidang pembiayaan terkhusus di bidang Pembiayaan Konsumen. Dimana kebanyakan konsumen atau masyarakat pengguna jasa lembaga pembiayaan belum mengetahui bahwa mereka dapat langsung melakukan pengaduan ke Otoritas Jasa Keuangan apabila telah dirugikan oleh lembaga pembiayaan dan belum mengetahui upaya apa yang dapat ditempuh oleh konsumen pengguna jasa lembaga pembiayaan terhadap kerugian akibat tindakan dari lembaga pembiayaan. Padahal telah ada aturan yang telah di buat oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk menjamin perlindungan hukum bagi konsumen selain yang berasal dari UU Perlindungan Konsumen untuk penyelesaiannya. Penelitian ini bersifat yuridis empiris,. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Konsumen Pengguna Jasa Lembaga Pembiayaan berjenis Perusahaan Pembiayaan khususnya yang melakukan kegiatan pembiayaan konsumen dapat melakukan pengaduan ke Otoritas Jasa Keuangan Apabila telah dirugikan oleh lembaga pembiayaan dengan berdasarkan UU Otoritas Jasa Keuangan dan difasilitasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dalam hal penyelesaian sengketanya dan apabila proses yang dilakukan di Otoritas Jasa Keuangan masih belum menempuh suatu kesepakatan maka diselesaikan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan , dalam hal sengketa untuk di sektor pembiayaan Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketanya yaitu Badan Mediasi Pembiayaan, Pergadaian, dan Vantura Indonesia (BMPPVI).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perlindungan Konsumen, Lembaga Pembiayaan, Otoritas Jasa Keuangan |
Subjects: | K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB491 Civil law (General) |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 14 Aug 2019 02:45 |
Last Modified: | 14 Aug 2019 02:45 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/4269 |
Actions (login required)
View Item |