PENGARUH IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA SNACK GERY CHOCOLATOS (STUDI KASUS SISWA SMP NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 1 PALEMBANG)

RAMADHANI, DIAN SARI and Effendy, Chairani and Nofiawaty, Nofiawaty (2010) PENGARUH IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP PEMBENTUKAN BRAND AWARENESS PADA SNACK GERY CHOCOLATOS (STUDI KASUS SISWA SMP NEGERI 1 DAN SMA NEGERI 1 PALEMBANG). Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_61201_01061001054.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (54MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_02.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_03.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_04.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_05.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_06.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_07_ref.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_61201_01061001054_0008116904_08_lamp.pdf] Text
RAMA_61201_01061001054_0008116904_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan ketat dalam pasar menjadikan komunikasi yang baik dan efektif perlu dilakukan oleh setiap perusahaan. Salah satunya yaitu melalui strategi promosi untuk mempertahankan pelanggan dan memperkecil peluang pesaing untuk merebut pelanggan tersebut. Iklan merupakan salah satu media promosi yang penting dan dapat menentukan keberhasilan suatu produk diterima atau tidak oleh masyarakat. Adapun penyampaian iklan dapat dilakukan melalui berbagai macam media seperti media cetak dan elektronik. Televisi merupakan salah satu media yang dinilai paling berhasil dalam menyebarkan informasi, cerita dan segala sesuatu yang disampaikan menjadi lebih menarik. Salah satu produk kompetitif yang banyak diiklankan adalah makanan ringan seperti Gery Chocolatos. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa besar pengaruh iklan televisi terhadap pembentukan brand awareness snack Gery Chocolatos dan 2) mengetahui variabel (tema iklan, format iklan, sumber iklan dan pesan iklan) apa yang berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness snack Gery Chocolatos. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan siswa SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 1 Palembang, dengan masing-masing sampel 50 orang responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode survei, melalui kegiatan wawancara dan pembagian kuesioner. Selanjutnya data diolah dan dianalisis menggunakan analisis crosstab, uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan snack Gery Chocolatos di televisi memiliki pengaruh yang lemah terhadap pembentukan brand awareness, karena nilai koefisien determinasinya berada dibawah 50% yaitu sebesar 44,5%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Sementara dari hasil uji parsial diketahui bahwa sumber iklan merupakan indikator yang paling berpengaruh terhadap pembentukan brand awareness snack Gery Chocolatos dengan tingkat signifikansi 0,001 dan koefisien regresi 0,589 atau 58,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Informasi, Gery Chocolatos
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music > ML45 Circulars and advertisements
Divisions: 01-Faculty of Economics > 61201-Management (S1)
Depositing User: Mr. Muhammad Irwan
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:27
Last Modified: 01 Apr 2021 08:27
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/44655

Actions (login required)

View Item View Item