PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PENJASORKES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR (Peer Review)

Giartama, Giartama and Hartati, Hartati and Destriani, Destriani and Ahmad Richard Victoriand, Ahmad Richard Victoriand (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF PENJASORKES PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR (Peer Review). Universitas Negeri Malang. (Unpublished)

[thumbnail of 16. OK Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar  (Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd).pdf]
Preview
Text
16. OK Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd).pdf

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 16. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed).pdf]
Preview
Text
16. Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Penjasorkes pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar (Prof. Dr. Wawan S. Suherman, M.Ed).pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran tematik integratif penjasorkes pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development . Subjek uji coba skala kecil berasal dari satu sekolah dasar yang terdiri dari 1 orang guru penjasorkes dan 20 siswa, serta untuk subjek uji coba skala besar berasal dari dua sekolah dasar yang berbeda yang terdiri dari 2 orang guru penjasorkes dan 45 siswa. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa data kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari: (a) penilaian skala nilai validasi; (b) angket guru penjaskes; , dan (c) nilai tes pengetahuan. Hasil penilaian untuk skala besar dari 1) Skala dari validasai ahli, yang pertama ahli materi pendidikan jasmani dan kesehatan dengan persentase nilai sebesar 74% dan masuk pada kategori “layak” dan yang kedua ahli materi IPA anak sekolah dasar dengan persentase nilai 84% masuk pada kategori “sangat layak”, 2) Angket guru penjaskes dengan nilai rata-rata sebesar 81% sehingga masuk pada kategori “sangat layak”, dan 3) Nilai tes pengetahuan siswa dengan rata-rata nilai 86,2. Hasil penelitian ini menunjukkan secara keseluruhan model pembelajaran tematik integratif ini layak digunakan untuk proses pembelajaran Penjasorkes di sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah guru dapat menggunakan pengembangan model pembelajaran ini untuk variasi dalam mengajar, dan untuk siswa dapat menambah minat dalam mata pelajaran Penjasorkes.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 85201-Sports, Health and Recreation Education (S1)
Depositing User: mrs Hartati Hartati
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:55
Last Modified: 22 Apr 2021 03:55
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45207

Actions (login required)

View Item View Item