WULANDARI, OTRYA and Wiyono, Ketang and Murniati, Murniati (2018) PENGEMBANGAN MODUL I PENDAHULUAN FISIKA INTI BERBASIS STEM UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_01-front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (395kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_05.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (61kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_06.ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (131kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_84203_06111181419024_ 0022057904_0028086203_07.lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20MB) | Request a copy |
Abstract
Telah dikembangkan modul I pendahuluan fisika inti berbasis STEM untuk mahasiswa pendidikan fisika. Pengembangan modul menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi peneliti menggunakan prosedur evaluasi formatif dari Tessmer yang terdiri dari 5 tahap, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group evaluation, dan field test. Pada penelitian ini, modul sebatas untuk pengujian kevalidan dan kepraktisan, sehingga tahap field test tidak dilaksanakan. Teknik pengumpulan data menggunakan walk through dan angket. Hasil validasi ahli dari 4 aspek, yaitu aspek isi STEM didapatkan rerata skor 74,33 dengan kategori sangat valid, aspek isi (Content) didapatkan rerata skor 40,01 dengan kategori sangat valid, aspek desain didapatkan rerata skor 38,00 dengan kategori sangat valid, dan aspek bahasa didapatkan rerata skor 33,00 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan modul ini dilihat dari jumlah rata-rata skor responden angket pada tahap one-to-one evaluation sebesar 65,66 dengan kategori sangat praktis dan tahap small group evaluation sebesar 69,80 dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul I pendahuluan fisika inti berbasis STEM untuk mahasiswa pendidikan fisika yang dikembangkan telah valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul, STEM, pendahuluan fisika inti, penelitian pengembangan, kevalidan, dan kepraktisan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84203-Physics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 19 Jul 2019 07:44 |
Last Modified: | 19 Jul 2019 07:44 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/454 |
Actions (login required)
View Item |