PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETRAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

MUTHI’AH, AMRINA and Anwar, Yenny and Santoso, Lucia Maria (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETRAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Edusains, 10 (1). ISSN 2443-1281

[thumbnail of artikel Edusains.pdf] Text
artikel Edusains.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Adapun hasil uji korelasi dua variabel tersebut memiliki signifikansi lebih rendah dari 0,05 (Sig < 0,05) yaitu 0,002 dan nilai koefisien korelasinya yaitu 0,549 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa dengan arah hubungan yang positif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Yenny Anwar
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:34
Last Modified: 15 Apr 2021 05:34
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45513

Actions (login required)

View Item View Item