Anwar, Yenny (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SOSIAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)
Preview |
Text (Peer Review_Dr. Riyanto, M.Si.)
Edusains.pdf Download (658kB) | Preview |
Preview |
Text (Peer Review_Dr. Adeng Slamet, M.Si.)
Edu sains.pdf Download (664kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa pada materi sistem ekskresi di SMA Negeri 15 Palembang. Adapun hasil uji korelasi dua variabel tersebut memiliki signifikansi lebih rendah dari 0,05 (Sig < 0,05) yaitu 0,002 dan nilai koefisien korelasinya yaitu 0,549 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan kognitif dan keterampilan sosial siswa dengan arah hubungan yang positif.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Dr Yenny Anwar |
Date Deposited: | 15 Apr 2021 05:46 |
Last Modified: | 15 Apr 2021 05:46 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45549 |
Actions (login required)
View Item |