Pengaruh Naungan terhadap Pertumbuhan Sawi Pakchoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Budidaya Hidroponik dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA

Nurul, Khodriyah and Rahmi, Susanti and Didi, Jaya Santri (2017) Pengaruh Naungan terhadap Pertumbuhan Sawi Pakchoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Budidaya Hidroponik dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA Tahun 2017, 1 (1). pp. 591-602. ISSN 978-602-51028-0-6

[thumbnail of 1. Pengaruh Naungan terhadap Pertumbuhan Sawi Pakchoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Budidaya Hidroponik dan Sumbangannya pada Pembe.pdf]
Preview
Text
1. Pengaruh Naungan terhadap Pertumbuhan Sawi Pakchoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Budidaya Hidroponik dan Sumbangannya pada Pembe.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh naungan terhadap pertumbuhan sawi pakchoy (Brassica rapa L.) pada Sistem Budidaya Hidroponik dan Sumbangannya pada Pembelajaran Biologi SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri dari lima perlakuan dan lima ulangan. Perlakuan naungan menggunakan paranet, dengan kondisi naungan 0%, 20%, 40%, 60% dan 80%, intensitas cahaya diukur dengan menggunakan lux meter. Parameter yang dihitung, yaitu: jumlah daun, indeks luas daun, berat basah tanaman, berat kering tanaman, berat basah akar, dan berat kering akar. Parameter dianalisis menggunakan analisis sidik ragam dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Duncan (BJND). Hasil penelitian memperlihatkan jika perlakuan naungan 60%: berpengaruh sangat nyata terhadap indeks luas daun, berat basah tanaman, dan berat basah akar. Perlakuan naungan 60% adalah perlakuan yang dianjurkan untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sawi pakchoy, karena memberikan hasil berbeda nyata dengan perlakuan lainnya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi pada Pembelajaran Biologi SMA kelas XII semester I pada kompetensi dasar 3.1 khususnya mengenai Pertumbuhan dan Perkembangan pada Tumbuhan dan Kompetensi Dasar 4.1 Merencanakan dan melaksanakan percobaan tentang faktor luar yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, dan melaporkan secara tertulis dengan penggunaan tata cara penulisan ilmiah yang benar. Adapun hasil penelitian akan disumbangan dalam bentuk perangkat pembelajaran (RPP, dan LKPD).

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 28 Apr 2021 07:41
Last Modified: 28 Apr 2021 07:41
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45708

Actions (login required)

View Item View Item