Latusi, Anggriani and Rahmi, Susanti and Kodri, Madang (2015) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Framework Science PISA pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi-IPA FKIP Unsri, 1 (1). pp. 80-90. ISSN 978-602-74636-0-8
Preview |
Text
1. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Framework Science PISA pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Did.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA berorientasi framework science PISA telah dilakukan pada materi sistem ekskresi pada manusia untuk peserta didik kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah development research (DR) yang mengacu pada model pengembangan Akker. Langkah penelitian pengembangan terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap evaluasi dan revisi. Tahap evaluasi dan revisi mengikuti tahap evaluasi formatif yang dikembangkan oleh Tessmer yang dibagi menjadi tiga yaitu tahap evaluasi sendiri (self evaluation), tahap penilaian pakar (expert review), tahap orang per orang (one to one), dan tahap kelompok kecil (small group). Penelitian pengembangan ini dibatasi hingga tahap kelompok kecil (small group). Validasi LKPD dilakukan pada tahap penilaian pakar (expert review) oleh validator isi, validator konstruk, validator PISA, dan validator bahasa. Nilai rata-rata hasil validasi yang diperoleh pada tahap penilaian pakar (expert review) adalah 3,50 yang menunjukkan bahwa LKPD termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD dapat diketahui melalui hasil analisis angket peserta didik pada tahap orang per orang (one to one) dan tahap kelompok kecil (small group). Nilai rata-rata yang diperoleh hasil angket kepraktisan pada tahap orang per orang (one to one) adalah 3,49 dan tahap kelompok kecil (small group) adalah 3,33 yang menunjukkan bahwa LKPD termasuk kategori sangat praktis. Hasil analisis validasi dan angket kepraktisan menunjukkan bahwa LKPD yang dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Dr Rahmi Susanti,M.Si |
Date Deposited: | 05 May 2021 07:21 |
Last Modified: | 05 May 2021 07:21 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45777 |
Actions (login required)
View Item |