Pengembangan Soal PISA Konteks Indonesia pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Nova, Riska Sapitri and Rahmi, Susanti and Kodri, Madang (2015) Pengembangan Soal PISA Konteks Indonesia pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi - IPA FKIP Unsri, 1 (1). pp. 91-104. ISSN 978-602-74636-0-8

[thumbnail of 3. Pengembangan Soal PISA Konteks Indonesia pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.pdf]
Preview
Text
3. Pengembangan Soal PISA Konteks Indonesia pada Materi Sistem Ekskresi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan soal PISA (Programme for International Student Assessment) konteks Indonesia telah dilakukan untuk menghasilkan produk instrumen tes PISA pada materi sistem ekskresi kelas VIII di SMP yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Development Research (DR) yang mengacu pada model pengembangan instrumen Djaali dan Mulyono. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan terdiri dari beberapa tahap yaitu tahap sintesa teori dan analisis kebutuhan, tahap perancangan (konstruksi variabel, tujuan pembelajaran, penyusunan kisi-kisi soal, penulisan instrumen, dan penskoran), dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi terbagi menjadi tiga yaitu uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis butir item. Analisis butir item dilakukan dengan menganalisis derajat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi distraktor. Validasi soal PISA dilakukan melalui dua tahap, yaitu validasi teoritik (ahli isi, ahli PISA, ahli konstruk, dan ahli bahasa) serta validasi empiris(jawaban peserta tes). Berdasarkan validasi teoritik didapat hasil yang menunjukkan bahwa soal PISA termasuk kategori sangat valid. Kepraktisan soal PISA dapat diketahui melalui hasil analisisangket peserta tes pada tahap uji coba. Hasil angket kepraktisan menunjukkan bahwa soal PISA termasuk kategori praktis. Hasil analisis uji validasi ahli dan analisis angket peserta didik menunjukkan bahwa soal PISA yang dihasilkan sangat valid dan praktis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 18 May 2021 07:35
Last Modified: 18 May 2021 07:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45783

Actions (login required)

View Item View Item