Puspita, Erna Eka and Susanti, Rahmi and Wiyono, Ketang (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Subtema Makananku Sehat dan Bergizi (Similarity). Turnitin Universitas sriwijaya. (Submitted)
Preview |
Text
3. Ithenticate Plagiarism_Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Saintifik Subtema Makananku Sehat dan Bergizi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Telah berhasil dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik yang valid, praktis dan efektif Pada Subtema Makananku Sehat dan Bergizi di kelas IV SD Negeri 160 Palembang. Pengembangan dilakukan dengan model pengembangan Akker yang terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan, dan tahap evaluasi Tessmer (self-evaluation, expert review, one to one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV.D SD Negeri 160 Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough, wawancara, angket, tes hasil belajar dan observasi keaktifan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh tiga validator yang diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,85. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket kepraktisan pada tahap one to one dan small group. Hasil analisis angket peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 90,30% dan 96,21% yang masing-masing termasuk dalam kategori sangat praktis. LKPD memiliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik setelah dilakukan tahap field test dan diperoleh nilai n-gain sebesar 0,71 termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | #3 Repository of Lecturer Academic Credit Systems (TPAK) > Results of Ithenticate Plagiarism and Similarity Checker |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1) |
Depositing User: | Dr Rahmi Susanti,M.Si |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 06:29 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 06:29 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45791 |
Actions (login required)
View Item |