Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Topik Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA

Novaria, Roy and Rahmi, Susanti and Somakim, Somakim (2017) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Topik Pencemaran Lingkungan Di Kelas X IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7 (2). pp. 55-69. ISSN 2087-9903 (print)/2685-3507 (online)

[thumbnail of 4. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Topik Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA.pdf]
Preview
Text
4. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Topik Pencemaran Lingkungan di Kelas X IPA.pdf

Download (664kB) | Preview

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing telah dilakukan Pada Topik Pencemaran Lingkungan untuk peserta didik Kelas X IPA SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis inkuiri terbimbing yang valid, praktis dan efektif. Pengembangan ini dilakukan melalui tiga tahap yang terdiri dari tahap analisis, tahap perancangan dan tahap evaluasi (self-evaluation, expert review, one to one, small group dan field test). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA Srijaya Negara Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walktrough, wawancara, angket dan tes hasil belajar biologi. LKPD ini dinyatakan valid setelah divalidasi oleh empat orang validator meliputi validator isi, desain dan bahasa yang diperoleh nilai rata – rata sebesar 4,20 dengan katagori valid. LKPD dinyatakan praktis karena telah dilakukan uji kepraktisan oleh peserta didik dengan mengisi lembar angket pada tahap one to one dan tahap small group. Hasil analisis angket peserta didik pada tahap one to one dan small group diperoleh nilai rata-rata yaitu 4,25 dan 4,23 dengan kategori sangat praktis. LKPD memilliki efektivitas yang tinggi terhadap hasil belajar Biologi kelas X IPA 1. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1 pada tahapan field test dengan rata – rata gain 36, 3 sehingga diperoleh indeks gain sebesar 0,74 yang termasuk kategori tinggi. Ini berarti bahwa pembelajaran menggunakan LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPA 1.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 18 May 2021 07:47
Last Modified: 18 May 2021 07:47
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45808

Actions (login required)

View Item View Item