Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Mata Pelajaran Biologi (Peer Review)

Hapiyuddin, Hapiyuddin and Rahmi, Susanti and Waspodo, Waspodo (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Mata Pelajaran Biologi (Peer Review). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 6a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf]
Preview
Text
6a. Peer Review Jurnal Nasional_Adeng Slamet.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf]
Preview
Text
6b. Peer Review Jurnal Nasional_Riyanto.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Saintifik yang valid, praktis, dan memiliki efektivitas terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Development Research). Prosedur penelitian menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap persiapan penulisan, serta tahap penulisan dan penyuntingan. Pada tahap penulisan dan penyuntingan, dilakukan evaluasi formatif dengan menggunakan model evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari empat tahap, yaitu expert review, one to one evaluation, small group evaluation, dan field test. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Lembak. Penelitian ini dikatakan valid bila expert review menyatakan LKPD yang dikembangkan layak untuk diujicobakan, kemudian diujicobakan pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation untuk menilai kepraktisan LKPD. Pada tahap small group, hasil angket peserta didik terhadap LKPD dinyatakan dengan kategori sangat praktis. Sedangkan uji coba produk di lapangan (field test) menunjukkan 90,9% ketuntasan klasikal.

Item Type: Other
Subjects:
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 29 May 2021 15:22
Last Modified: 29 May 2021 15:22
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/45821

Actions (login required)

View Item View Item