TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA TERHADAP KETERLAMBATAN PENUMPANG

SILABAN, DANIEL ALEXANDRO and Novera, Arfianna and Primadianti, Helena (2020) TANGGUNG JAWAB PT. KERETA API INDONESIA TERHADAP KETERLAMBATAN PENUMPANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039.pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_TURNITIN .pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039_TURNITIN .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_01_front_ref .pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_01_front_ref .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (703kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (535kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (293kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011381320039_0003115706_0014098601_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (590kB) | Request a copy

Abstract

Pengangkutan darat merupakan pilihan untuk dikembangkan dalam upaya membuka suatu daerah yang terisolir. Banyak orang yang memilih mengunakan jasa pengangkutan Kereta Api karena cenderung lebih murah dan juga cepat, jika dibandingkan dengan transportasi lainnya. Lahirnya PT. Kereta Api Indonesia sebagai penyedia jasa layanan tentunya memiliki tanggung jawab terhadap keterlambatan penumpang berserta dengan tata cara pemberian kompensasi ganti kerugian. Atas dasar masalah tersebut di atas dibahas tentang (1). Bagaimana tanggung jawab PT Kereta Api Indonesia terhadap keterlambatan penumpang (2). Bagaimana pelaksanaan pemberian ganti rugi terhadap keterlambatan penumpang. Penelitian menggunakan metode normatif. Untuk membahas permasalahan pertama di gunakan teori perjanjian, dan teori tanggung jawab untuk permasalahan kedua digunakan teori ganti rugi. Dari hasil pembahasan penelitian di peroleh kesimpulan bahwa (1). PT. Kereta Api Indonesia memiliki tanggung jawab sebagai penyedia jasa layanan perkereta apian terhadap keterlambatan penumpang sebagaimana diatur dalam Pasal 6 Ayat (1) PM.48 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api, dalam Pasal 133 dan Pasal 134 Undang-Undang No. 23 Tahun 2007 tentang Perkereta apian (2). . Pemberian kompensasi diatur dalam Permenhub 63/2019. Jika keterlambatannya lebih dari 1 jam penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapat kompensasi pengembalian seluruh biaya karcis. Jika terdapat hambatan atau gangguan dalam perjalanan kereta api yang mengakibatkan keterlambatan datang di stasiun tujuan maka penumpang berhak atas minuman dan makanan ringan pada jam ketiga keterlambatan, minuman dan makanan berat pada jam kelima keterlambatan, penumpang dapat memilih melanjutkan perjalanan atau beralih ke moda lain dan penumpang mendapat penggantian uang karcis. Jika kereta api benar-benar tidak bisa melanjutkan perjalannya ke stasiun tujuan maka penyelenggara harus menyediakan angkutan dengan kereta lain atau moda transportasi lain, memberi ganti kerugian senilai harga karcis yang dibeli. Kata kunci: Tanggung Jawab, Keterlambatan, Penumpang, PT. Kereta Api Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Keterlambatan, Penumpang, PT. Kereta Api Indonesia.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JJ Political institutions and public administration (North America)
J Political Science > JN Political institutions (Europe)
J Political Science > JN Political institutions (Europe) > JN6745 Lithuania
K Law > K Law (General) > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Daniel Alexandro Silaban
Date Deposited: 02 Jun 2021 04:35
Last Modified: 02 Jun 2021 04:35
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/47259

Actions (login required)

View Item View Item