Pembimbing: PENGEMBANGAN SOAL LITERASI SAINS BIOLOGI BERBASIS FRAMEWORK PISA (Programme for International Student Assesment)

Ani, Saputri and Rahmi, Susanti and Adeng, Slamet (2019) Pembimbing: PENGEMBANGAN SOAL LITERASI SAINS BIOLOGI BERBASIS FRAMEWORK PISA (Programme for International Student Assesment). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya. (Unpublished)

[thumbnail of 2. Bukti Pembimbing Pertama Skripsi_Ani Saputri.pdf]
Preview
Text
2. Bukti Pembimbing Pertama Skripsi_Ani Saputri.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan soal literasi sains berbasis framework PISA (Programme for International Student Assesment) merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan soal literasi sains berbasis framework PISA yangvalid dan praktis. Penelitian ini telah dilakukan di kelas X IPA 1 dan X IPA 2 SMAN 1 Pelembang. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model Djaali dan Mulyono (2008). Langkah-langkah pengembangan terdiri atas beberapa tahap yaitu analisis kebutuhan, konstruksi variabel dan tujuan pembelajaran, membuat kisi-kisi soal, penulisan insrumen dan penskoran, validasi teoritik dan revisi, dan validasi empiris, dan anallisis data. Tahap analisis data terbagi menjadi tiga yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis butir item. Analisis butir item dilakukan dengan menganalisis daya pembeda, derajat kesukaran, dan fungsi distraktor. Hasil penelitian mendapatkan kevalidan isi (content) sebesar 3,71 dengan kategori sangat valid, konstruks sebesar 3,25 dengan kategori valid, PISA sebesar 3,1 dengan kategori valid, bahasa sebesar 3,4 dengan kategori sangat valid. Dengan demikian produk memiliki validitas sebesar 3,37 dengan kategori sangat valid. Skor kepraktisan pada tahap validasi empiris (uji coba) sebesar 4,25 dengan kategori praktis. Dengan demikian, produk berupa soal literasi berbasis framework PISA yang dihasilkan terkategori valid dan praktis sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Other
Subjects: #4 Decrees > SK Pembimbing (Supervisor)
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 84205-Biology Education (S1)
Depositing User: Dr Rahmi Susanti,M.Si
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:57
Last Modified: 01 Jul 2021 04:57
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48455

Actions (login required)

View Item View Item