PENGGUNAAN METODE FUZZY MAMDANI DAN SUGENO DALAM MENGATUR POLA SERANGAN MUSUH PADA MEDIA PERMAINAN 2 DIMENSI

LAKSONO, MU'ADZ BAYU AJI and Samsuryadi, Samsuryadi and Buchari, Muhammad Ali (2021) PENGGUNAAN METODE FUZZY MAMDANI DAN SUGENO DALAM MENGATUR POLA SERANGAN MUSUH PADA MEDIA PERMAINAN 2 DIMENSI. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_02.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (644kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_03.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (499kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_04.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_05.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_06.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_07_ref.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (374kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_08_lamp.pdf] Text
RAMA_55201_09021181621137_0004027101_8812870018_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Permainan 2 dimensi banyak disukai pemain karena ciri khasnya yang unik, operasi sederhana dan terkesan klasik namun tidak ketinggalan zaman. Saat ini permainan 2 dimensi memiliki beberapa kekurangan. Sebagai contoh, kualitas permainan yang dibuat cenderung monoton dan tidak memberikan sisi edukasi kepada pemain. Penambahan rintangan atau musuh di dalam permainan merupakan salah satu faktor yang bisa meningkatkan daya tarik dan kompetisi pada permainan. Karakter musuh yang dijalankan oleh sistem pada permainan biasanya cenderung bersifat acak sehingga perlu adanya algoritma yang dapat membantu karakter musuh bertindak dinamis sesuai dengan situasi yang dihadapi pada permainan “Save Forest” bergenre FPS (First Person Shooter) ini. Parameter masukkan yang digunakan dalam sistem fuzzy adalah darah musuh, darah pemain dan jarak pemain dengan musuh. Hasil akhir dari penelitian adalah sistem fuzzy dapat menghasilkan nilai aksi yang lebih dinamis sehingga karakter musuh dapat melakukan aksi yang sesuai dengan situasi yang dihadapi. Berdasarkan hasil uji coba pada musuh yang menggunakan metode Mamdani, Sugeno, dan non fuzzy pada lima skenario yang berbeda. Penerapan metode Mamdani menghasilkan hasil yang lebih baik dalam menentukan keputusan yang bervariasi dimana total koefisien variasi yang dihasilkan sebesar 2,986 sedangkan metode Sugeno hanya menghasilkan koefisien variasi sebesar 2,455 dan non fuzzy sebesar 2,428.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sugeno, Mamdani, Permainan 2 Dimensi, Perilaku, Arah, dan Kecepatan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics > QA9.64.A56 Computer science. Fuzzy mathematics.
T Technology > T Technology (General) > T57.6-57.97 Operations research. Systems analysis
Divisions: 09-Faculty of Computer Science > 55201-Informatics (S1)
Depositing User: Mu'adz Bayu Aji Laksono
Date Deposited: 29 Jun 2021 06:42
Last Modified: 29 Jun 2021 06:42
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48820

Actions (login required)

View Item View Item