PENGARUH PERMAINAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA 2 PALEMBANG

Sari, Dian Novita and Sumarni, Sri and Syafdaningsih, Syafdaningsih (2017) PENGARUH PERMAINAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA 2 PALEMBANG. Jurnal Tumbuh Kembang : Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4 (1). pp. 1-10. ISSN 2657-0785

[thumbnail of ARTIKEL PENGARUH PERMAINAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN.pdf]
Preview
Text
ARTIKEL PENGARUH PERMAINAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN.pdf

Download (441kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh permainan sains terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK Negeri Pembina 2 Palembang, yang meliputi 5 indikator: (1) tidak mudah menerima pendapat orang lain, (2) mengobservasi, (3) menganalisis, (4) membuat hipotesis, dan (5) menyimpulkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pra Eksperimen dengan desain One Shoot Case Study dan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan pertimbangan kemampuan berpikir kritis yang masih rendah di kelas B1. Sampel berjumlah 20 anak yang terdiri dari 16 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang ditampilkan dalam bentuk skor tes dan dirubah menjadi nilai. Treatment dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Setiap pertemuan dilakukan observasi, selanjutnya data diolah dengan menghitung rata-rata kemampuan berpikir kritis anak. Dari hasil analisis data uji t diperoleh thitung = 5,22 dan ttabel = 1,73 dengan =0,05 dan dk (19) thitung ≥ ttabel. Dapat dilihat dari setiap pertemuan, indikator yang dominan muncul yaitu tidak mudah menerima pendapat orang lain, ini terlihat dari perilaku anak dapat menjawab sendiri pertanyaan yang diberikan dan mampu memberikan penjelasan dan satu indikator yang tidak muncul yaitu membuat hipotesis, anak belum dapat membedakan antara sebab dan akibat yang terjadi selama melakukan permainan sains. Terdapat 11 anak (55%) yang Berkembang Sangat Baik, 6 anak (30%) yang Berkembang Sesuai Harapan dan 3 anak (15%) Mulai Berkembang. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan permainan sains terhadap kemampuan berpikir kritis anak.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1101-1139 Child study
L Education > LB Theory and practice of education > LB1139.2-1139.5 Early childhood education
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86202-Early Childhood Education (S1)
Depositing User: Dr. SRI SUMARNI, M.Pd
Date Deposited: 02 Jul 2021 07:05
Last Modified: 02 Jul 2021 07:05
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/48978

Actions (login required)

View Item View Item