IDENTIFIKASI DAMPAK PERILAKU BULLYING PADA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG

ERGANILA, TIARA and Sofah, Rahmi and Putri, Rani Mega (2018) IDENTIFIKASI DAMPAK PERILAKU BULLYING PADA KORBAN BULLYING DI SMP NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_01_font_ref. pdf.pdf]
Preview
Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_02. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_02. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (424kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_03. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_03. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (290kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_04. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_04. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (552kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_05. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_05. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_06_ref. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_06_ref. pdf.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_86201_06071281419027_0218088802_07_lamp. pdf.pdf] Text
RAMA_86201_06071281419027_0218088802_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak perilaku bullying pada siswa di SMPN 1 Palembang. Dalam penelitian ini terdapat tiga subjek yaitu “AF, AEP, dan SRA”. Metode yang digunakan adalah deskiptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan triangulasi. Berdasarkan observasi, identifikasi dan informasi dari guru BK didapat tiga siswa yang menjadi korban bullying di SMP Negeri 1 Palembang. Dampak perilaku bullying yang muncul pada subyek pertama yaitu korban bullying “AF” Dampak fisik yang dialaminya menimbulkan lecet pada tubuh yang dipukul serta menimbulkan kehilangan atau kerusakan barang yang dimiliki korban. Tetapi untuk “AEP” dampak fisik “AEP” menjadi luka dan memar di tubuh korban serta kotak makan siang “AEP” sering hilang atau disembunyikan. Dan Pada “SRA” dampak fisik tidak terlalu berdampak karena “SRA” “ditoyor” dan dijahili tidak terlalu sering. Akan tetapi barang yang dimilikinya sering hilang, seperti alat tulis, pena, buku, dan lain sebagainya. Untuk dampak psikologis dan sosial yang di alami ketiga korban bullying relatif sama yaitu trauma psikologis, merasa takut, tidak aman, menurunnya semangat belajar, menurunya rasa percaya diri. Untuk Dampak social yang di alamai “AF”, “AEP” dan “SRA” yaitu menarik diri dari lingkungan pergaulan, karena merasa tidak bahagia, tidak memiliki teman, sulit berkomunikasi baik dengan guru maupun sesama teman dan sulit mempercayai orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: bullying, korban bullying, dampak bullying Skripsi
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251-318 Moral education. Character building
Divisions: 06-Faculty of Education and Educational Science > 86201-Counseling (S1)
Depositing User: Mrs Furika Furika
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:49
Last Modified: 27 Aug 2019 07:49
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item