ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PERMINTAAN JASA TELEPON PRABAYAR PADA MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA

KENCANA, RIMA YANEKA and Sariman, Tatang A.M. and Teguh, Muhammad (2010) ANALISIS PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK TERHADAP PERMINTAAN JASA TELEPON PRABAYAR PADA MAHASISWA EKONOMI UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_60201_01061002057.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (15MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_02.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_03.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_04.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_05.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_06.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_06.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (925kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_07_ref.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_07_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_60201_01061002057_0008086103_08_lamp.pdf] Text
RAMA_60201_01061002057_0008086103_08_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk terhadap permintaan jasa telepon prabayar pada mahasiswa Ekonomi Universitas Sriwijaya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif, dimana analisis kuantitatifmenggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan SPSS 11.5for Windows. Berdasarkan uji validitas dan reabilitas, hanya terdapat sepuluh variabel yang dianggap valid dan realibel. Berdasarkan hasil pembahasan, diketahui bahwa hanya terdapat empat variabel yang signifikan yaitu variabel iklan yang dipasang di media (Xi), pameran-pameran yang diadakan oleh operator telepon (X2), bonus telepon, tarif promo, dan sms gratis (X3) dan perhitungan tariff dasar CK4). Dari keempat variabel tersebut dengan menggunkan uji koefisien determinasi (R2) variabel yang berpengaruh terhadap permintaan jasa telepon prabayar adalah variabel Xi (iklan yang dipasang dimedia). Berdasarkan pengujian secara serentak menggunakan F-statistik diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel (5,156>2,63) yang artinya variabel independen (faktor diferensiasi produk) berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu permintaan terhadap jasa telepon prabayar. Dengan menggunakan uji t-statistik menggunakan a = 0,01 maka didapat t-tabel sebesar 2,3124. Untuk variabel Xi didapat t-hitung sebesar 2,429, yang artinya thitung > t-tabel, hal ini berarti variabel iklan yang dipasang dimedia signifikan dan berpengaruh positif terhadap permintaan jasa kartu prabayar. Untuk variabel X2 didapat t-hitung sebesar 2,432 yang artinya t-hitung > t-tabel, hal ini variabel pameran yang diadakan oleh operator telepon prabayar signifikan dan berpengaruh positifterhadap permintaan jasa telepon prabayar. Untuk variabel X3 didapat t-hitung sebesar 2,545, yang artinya t-hitung > t-tabel, hal ini berarti variabel pemberian bonus telpon, tarif promo, dan sms gratis signifikan dan berpengaruh positif terhadap permintaan jasa telepon prabayar. Untuk variabel XU didapat t-hitung sebesar -4,132 yang artinya t hitung > t-tabel, hal ini berarti variabel perhitungan tarif dasar dan berpengaruh negatifterhadap permintaan jasa telepon prabayar. Kata Kunci: Faktor diferensiasiproduk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor diferensiasiproduk
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
Divisions: 01-Faculty of Economics > 60201-Development Economics (S1)
Depositing User: Mrs. Elly Suryani
Date Deposited: 05 Jul 2021 07:02
Last Modified: 05 Jul 2021 07:02
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/49193

Actions (login required)

View Item View Item