AYU, SITI RARA and Ernalida, Ernalida and Suhendi, Didi (2017) PENGARUH METODE SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELEKTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 17 PALEMBANG. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_01_font_ref. pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_02. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (486kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_03. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (371kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_04. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (624kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_05. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (194kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_06_ref. pdf.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (316kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_88201_06021281320011_0015026902_0001105703_07_lamp. pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SAVI terhadap kemampuan menulis teks Deskripi siswa kelas VII SMP Negeri 17 Palembang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Palembang. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII 4 sebagai kelas kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode SAVI dan variabel terikatnya kemampuan menulis teks deskripsi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) serta teknik analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil rata-rata tes awal kelas eksperimen sebesar 63,94 dan rata-rata tes akhir kelas eksperimen sebesar 78,69. Hal ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 14,75. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata tes awal sebesar 59,56 dan rata-rata tes akhir kelas kontrol sebesar 65,56. Menunjukan bahwa terdapat pula peningkatan sebesar 6. Berdasarkan hasil uji-t diketahui perbedaan rata-rata skor untuk kedua sampel yaitu sebesar 8,75 dengan kelas eksperimen lebih unggul. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penggunaan metode SAVI memiliki pengaruh yang signifikan pada kemampuan menulis teks deskripsi dibandingkan dengan menggunakan metode demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode SAVI, kemampuan menulis, teks deskripsi. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC149-161 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | 06-Faculty of Education and Educational Science > 88201-Indonesian Culture and Linguistics Education (S1) |
Depositing User: | Mrs Furika Furika |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 02:37 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 02:37 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/4946 |
Actions (login required)
View Item |