PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN YANG MENYESATKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

PRATAMA, ANDI and Handayani, Sri and Sulistyaningrum, Helena Primadianti (2018) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN ATAS IKLAN YANG MENYESATKAN MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (245kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (275kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (92kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011281419225_0007027001_0014098601_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Masyarakat merupakan sasaran bagi para pelaku usaha untuk mempromosikan barang atau jasa yang mereka jual dengan bentuk iklan. Iklan yang dipromosikan belum tentu benar informasinya. Bentuk-bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen atas iklan yang menyesatkan dan upaya-upaya yang dapat dilakukan konsumen atas iklan yang menyesatkan. Dalam analisis skripsi ini, Penulis menggunakan metode normatif atau metode kepustakaan. Ada 2 bentuk perlindungan hukum yaitu bentuk perlindungan hukum preventif dan perlindungan hukum refresif. Bentuk perlindungan hukum preventif yaitu perlindungan yang diberikan oleh pemerintah untuk mencegah terjadinya suatu pelanggaran seperti iklan yang menyesatkan dengan contoh kasus yang digunakan Penulis dalam skripsi ini, sedangkan bentuk perlindungan hukum represif yaitu perlindungan akhir yang diberikan oleh pemerintah berupa sanksi seperti denda, penjara atau lainnya setelah terjadinya suatu pelanggaran. Upaya yang dapat dilakukan konsumen terhadap iklan yang menyesatkan yaitu menggunakan perlindungan hukum represif, karena telah terjadinya pelanggaran yaitu iklan yang menyesatkan yang mengakibatkan kerugian bagi konsumen, konsumen dapat meminta ganti rugi secara damai di luar pengadilan. Selain di luar pengadilan, konsumen juga dapat meminta ganti rugi memalui jalur pengadilan dengan cara pengajuan gugatan ke pengadilan. Maka dari itu, konsumen dapat meminta ganti rugi terhadap XL secara damai diluar pengadilan dan juga melalui jalur pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Iklan yang menyesatkan
Subjects: K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB491 Civil law (General)
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: Mrs Sri Astuti
Date Deposited: 28 Aug 2019 03:36
Last Modified: 28 Aug 2019 03:36
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/4961

Actions (login required)

View Item View Item