PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE KENDARAAN SEPEDA MOTOR DIKAJI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

ADITYA, MOCHZAR ALFITRAH and Novera, Arfianna and Handayani, Sri (2021) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE KENDARAAN SEPEDA MOTOR DIKAJI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.

[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_TURNITIN.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_TURNITIN.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_01_front_ref.pdf]
Preview
Text
RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (864kB) | Preview
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_0003115706_10007027001_02.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_0003115706_10007027001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (435kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_19570003115706_0007027001_03.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_19570003115706_0007027001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (431kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_04.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_05_ref.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_05_ref.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB) | Request a copy
[thumbnail of RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_06_lamp.pdf] Text
RAMA_74201_02011181621070_0003115706_0007027001_06_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ojek online merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak diminati oleh masyaraka. Namun, ojek online kendaraan bermotor bukan merupakan angkutan umum yang diakui keberadaannya oleh peraturan perundang – undangan dan hubungan hukum antara perusahaan penyedia aplikasi ojek online dan driver ojek online didasarkan kepada perjanjian kemitraan. Hal ini menyebabkan ketidakpastian terhadap proses pertanggungjawaban dan perlindungan konsumen atau pengguna ojek online kendaraan bermotor apabila mengalami kerugian. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa ojek online kendaraan sepeda motor jika dikaji dengan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999? (2) Apa upaya yang dapat dilakukan konsumen/pengguna jasa angkutan ojek online jika dirugikan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif – empiris dan metode pendekatan stative approach, case approach, dan conceptual approach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan hukum antara perusahaan penyedia aplikasi ojek online dengan driver ojek online merupakan hubungan kemitraan maka pada yang harus bertanggungjawab atas adanya kerugian yang diderita oleh penumpang atau konsumen ojek online adalah driver ojek online itu sendiri. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam ketentuan dan syarat dalam perjanjian elektronik kemitraan yang telah ditetapkan oleh perusahaan penyedia aplikasi ojek online. Namun, berdasarkan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sebagai pelaku usaha, perusahaan penyedia aplikasi ojek online wajib untuk memberikan jaminan atau asuransi yang telah disepati dalam perjanjian elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Ojek Online, Kendaraan Bermotor.
Subjects: K Law > K Law (General) > K1241-1287 Insurance
K Law > K Law (General) > K623-968 Civil law
K Law > K Law (General) > K625-709 Persons
K Law > K Law (General) > K7120-7197 Persons
K Law > K Law (General) > K840-917 Contracts
Divisions: 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1)
Depositing User: MOCHZAR ALFITRAH ADITYA
Date Deposited: 22 Jul 2021 04:38
Last Modified: 22 Jul 2021 04:38
URI: http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/50119

Actions (login required)

View Item View Item