JAYA, M. MAGHRI ADZANY and Novera, Arfianna and Afrilia, Dian (2019) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK BARANG MELALUI MEDIA ONLINE BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 19 TAHUN 2016 TENTANG PERUBAHAN ATAS UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2008 TENTANG INFORMASI DAN TRANSAKSI ELEKTRONIK. Undergraduate thesis, Sriwijaya University.
Preview |
Text
RAMA_74201_02011381419445_0003115706_0013048210_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Preview |
Text
RAMA_74201_02011381419445_0003115706_0013048210_02.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (885kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419445_0003115706_0013048210_03.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (797kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419445_0003115706_0013048210_04.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (696kB) | Request a copy |
|
Text
RAMA_74201_02011381419445_0003115706_0013048210_05_ref.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (566kB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi berkembang sangatlah pesat seiring dengan perkembangan dunia kearah tanpa batas. Jual beli melalui online atau E-commerce adalah suatu proses jual beli barang dan jasa yang dilakukan melalui elektronik yaitu melalui jaringan komputer dan smartphone. Belanja secara online dapat mengefektifkan dan mengefisiensikan waktu sehingga seseorang dapat melakukan transaksi jual beli dengan setiap orang dimanapun dan kapanpun. Seperti jual beli melalui Tokopedia, Shoppie, Bukalapak, dsb. Akan tetapi yang akan saya bahas ini jual beli melalui media Facebook dan Instagram namun disisi lain timbul permasalahan yaitu bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam pembelian produk barang melalui media online ditinjau dari Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan bagaimana perlindungan konsumen dalam pembelian produk barang melalui media online. Untuk metode penelitian yang saya gunakan adalah metode penelitian normatif penunjang empiris dengan menggunakan bahan hukum primer dan sekunder. Untuk menggambarkan bagaimana tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen dalam pembelian produk barang melalui media online dan bagaimana perlindungan konsumen dalam pembelian produk barang melalui media online dengan peraturan perundang-undangan, yakni Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jual Beli Online, pelaku usaha, konsumen, Facebook, Instagram |
Subjects: | K Law > KB Religious law in general. Comparative religious law. Jurisprudence > KB491 Civil law (General) |
Divisions: | 02-Faculty of Law > 74201-Law (S1) |
Depositing User: | Mrs Sri Astuti |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 07:42 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 07:42 |
URI: | http://repository.unsri.ac.id/id/eprint/5028 |
Actions (login required)
View Item |